Unand Raih Pendanaan PKM 2024 Terbanyak Kesembilan di Indonesia: 53 Proposal Lolos!

Unand Raih Pendanaan PKM 2024 Terbanyak Kesembilan di Indonesia: 53 Proposal Lolos!

Gedung Rektorat Universitas Andalas (Unand) di Kampus Unand Limau Manis, Kota Padang. [Foto: Dok. Humas Unand]

Padang, Padangkita.com - Universitas Andalas (Unand) kembali menorehkan prestasi membanggakan.

Sebanyak 53 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2024 dinyatakan lolos dan mendapat pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek.

Capaian ini mengantarkan Unand sebagai perguruan tinggi dengan pendanaan proposal PKM 2024 terbanyak kesembilan di Indonesia.

“53 proposal PKM yang lolos pendanaan ini menempatkan Universitas Andalas sebagai peringkat kesembilan perguruan tinggi di Indonesia yang didanai PKM 8 bidang,” ungkap Wakil Rektor I Universitas Andalas Prof. Syukri Arief dikutip, Selasa (23/4/2024).

Prof. Syukri mengatakan prestasi ini merupakan hasil kerja keras, kerja sama, dan semangat tim PKM Unand, yang terdiri dari mahasiswa dan dosen pendamping.

“Pencapaian ini juga merupakan penghargaan terhadap dosen pembina, dosen pendamping, serta pimpinan fakultas dan universitas yang telah memberikan dukungan selama ini,” imbuhnya.

Ia menuturkan PKM merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa.

“Melalui PKM, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerja sama tim, dan mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni,” ujarnya.

Lebih lanjut, Prof. Syukri menjelaskan bahwa PKM juga bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif di era revolusi industri.

“Dengan mengikuti perkembangan teknologi, PKM diharapkan dapat melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing di era global,” tuturnya.

Ia pun berharap tim PKM Unand yang lolos dapat terus berprestasi dan melaju ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

“PIMNAS akan menjadi arena uji kompetensi dan kemampuan bagi para mahasiswa dalam mengartikulasikan dan menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan dan mempresentasikannya di depan tim penilai,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan Universitas Andalas (Unand) Khandra Fahmi, menjelaskan bahwa 53 proposal yang lolos terdiri dari 40 PKM bidang Riset Eksakta (PKM-RE), 10 PKM bidang Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), 1 PKM bidang Karsa Cipta (PKM-KC), 1 PKM bidang Penerapan Iptek (PKM-PI), dan 1 PKM bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) dengan total pendanaan mencapai Rp416.840.000.

Baca Juga: Unand Berkembang Pesat, Dukungan Pemprov Sumbar dan Masyarakat Sangat Besar

Sedangkan untuk sebaran proposal berdasarkan fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis 4 proposal, Fakultas Farmasi 5 proposal, Fakultas Hukum 1 proposal, FISIP 2 proposal, Fakultas Ilmu Budaya 1 proposal, Fakultas Kedokteran 4 proposal, Fakultas Kesehatan Masyarakat 2 proposal, FMIPA 20 proposal, Fakultas Pertanian 1 proposal, Fakultas Peternakan 2 proposal, Fakultas Teknik 4 proposal, dan Fakultas Teknologi Pertanian 6 proposal. [*/hdp]

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Baca Juga

Andrinof
Industri Pariwisata Indonesia, Andrinof: Lemah dalam Mengatasi Kelemahan
Padang Aro, Padangkita.com - Akademisi Fisip Unand, Syamsurizaldi resmi terpilih dan dilantik jadi Sekda Kabupaten Solok Selatan (Solsel).
Akademisi Unand, Syamsurizaldi Resmi Dilantik Jadi Sekda Solok Selatan
Harkitnas di Sumbar, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Memberikan Teladan Generasi Muda
Harkitnas di Sumbar, Gubernur Mahyeldi Ingatkan Pentingnya Memberikan Teladan Generasi Muda
Momen Akrab Prabowo Tanya Kabar Pratama Arhan ke Andre Rosiade saat ke Sumbar
Momen Akrab Prabowo Tanya Kabar Pratama Arhan ke Andre Rosiade saat ke Sumbar
CJH Kloter 7 PDG Terbang ke Madinah, Satu Jemaah Meninggal Sebelum Berangkat
CJH Kloter 7 PDG Terbang ke Madinah, Satu Jemaah Meninggal Sebelum Berangkat
Doa CJH Kloter 8 Diharapkan Menjauhkan Kota Padang dari Bencana
Doa CJH Kloter 8 Diharapkan Menjauhkan Kota Padang dari Bencana