Ujian Seleksi CPNS di Pasbar Terapkan Protokol Kesehatan yang Ketat

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Sejumlah aturan wajib diikuti oleh peserta ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 di Pasaman Barat (Pasbar).

Salah satunya adalah setiap peserta harus melakukan swab PCR atau rapid test antigen dengan hasil negatif atau non-reaktif sebelum ujian berlangsung. Untuk swab PCR dilakukan dalam kurun waktu maksimal 2×24 jam sedangkan rapid test antigen maksimal 1×24 jam.

Ketentuan ini menindaklanjuti surat rekomendasi Satgas Penanganan Covid-19 Nomor: B-115/KA SATGAS/PD.01.02/8/2021 tanggal 21 Agustus 2021 terkait permohonan izin pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021.

Selain itu, peserta SKD juga diwajibkan memakai dobel masker dengan menggunakan masker tiga lapis (3 ply) dan masker kain di bagian luar.

Tak hanya itu, masing-masing peserta wajib menjaga jarak minimal satu meter dan mencuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer.

Sebelum ujian SKD, panitia terlihat memeriksa setiap peserta yang akan memasuki lokasi ujian, mulai dari pengukuran suhu hingga pengaturan tempat duduknya.

“Ini adalah kali ke 3 pelaksanaan CPNS di Pasbar secara mandiri. Tidak ada perbedaan, kita lebih siap dan berpengalaman dari tahun sebelumnya,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Saifudin Zuhri.

Menurutnya, sebagai langkah penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini, pihaknya mengurangi jumlah peserta pada setiap sesinya. Di mana jumlah peserta yang akan mengikuti seleksi pada tahun ini sebanyak 6.212 orang.

“Kita tetap waspada. Makanya jumlah peserta untuk setiap sesinya kita kurangi dari yang biasa sebanyak 200 orang, menjadi 150 orang untuk setiap sesi ujian,” jelasnya.

Kemudian, untuk jadwal pelaksanaannya akan berlangsung dari tanggal 7 sampai 21 Oktober 2021 mendatang.

“Pelaksanaannya dari hari ini hingga tanggal 21 Oktober termasuk pada hari Sabtu dan Minggu,” ucapnya.

Selain itu, tahun ini juga tidak ada layar monitor yang menampilkan hasil ujian sebagai langkah menghindari kerumunan. Akan tetapi setiap peserta akan menerima pemberitahuan di akunnya masing-masing.

Baca juga: Perebutkan 1.440 Formasi, 9.157 Pelamar CPNS dan PPPK di Pasbar Bakal Tes SKD Oktober Mendatang

“Semoga seleksi CPNS tahun 2021 ini nantinya bisa melahirkan CASN yang berkualitas dan berkompeten. Sehingga 235 formasi yang ada nantinya dapat diisi secara keseluruhan,” harapnya. [rom/pkt]

Terpopuler