Tuntut Dipindahkan ke Kampus I, Ratusan Siswa SMAN 1 Padang Belajar di Masjid Sekolah Tanpa Guru

Padang, Padangkita.com – Seratusan siswa memilih belajar secara mandiri di masjid yang berada di lingkungan Kampus I Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Padang, Rabu (28/9/2022).

Mereka merupakan siswa dari Kampus II yang sebelumnya belajar di gedung milik Yayasan SMA Bunda, Kelurahan Ulak Karang, Kecamatan Padang Utara, Padang.

Mereka memilih belajar di masjid sekolah di Kampus 1 yang berlokasi di Kelurahan Lolong Belanti, Kecamatan Padang Utara, Padang, sebagai bentuk protes terhadap Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatra Barat (Sumbar).

Mereka meminta Disdik Sumbar untuk memindahkan mereka dari Kampus II ke Kampus I karena adanya perbedaan kualitas dan fasilitas.

Dalam pembelajaran di masjid itu, para siswa didampingi oleh orang tua masing-masing. Mereka belajar melalui Youtube tanpa didampingi para guru.

Salah seorang orang tua siswa, Joko Sunadi mengatakan, pihaknya akan terus mendampingi anak-anaknya belajar di masjid sampai ada keputusan terkait pemindahan pembelajaran siswa ke kampus I.

“Anak-anak akan belajar di masjid sampai bisa pindah. Guru-guru tidak ada. Kita berusaha anak-anak aktivitasnya tetap jalan, belajar mandiri lewat Youtube,” ujarnya, Rabu (28/9/2022).

Dia menerangkan, jumlah siswa yang belajar di masjid saat ini mencapai 108 orang. Mereka merupakan siswa kelas X. Pihak sekolah juga tidak mempermasalahkan pemakaian masjid untuk kegiatan belajar.

Joko menyebutkan, pihak sekolah tetap menyarankan agar siswa yang belajar di masjid untuk tetap berada di kelompok kelasnya masing-masing dan tetap ikuti matapelajaran.

“Pihak sekolah tadi menyarankan agar siswa tetap belajar. Apa matapelajaran hari ini agar berdiskusi bersama-sama. Sekolah antusias kok menyikapi ini. Cuma dinas Saja yang bermasalah. Apa masalahnya dengan yayasan (SMA Bunda), kami tidak tahu,” sampainya.

Sementara, Kepala Sekolah SMAN 1 Padang, Nukman mengatakan, proses pemindahan siswa Kampus II ke Kampus I merupakan tanggung-jawab Disdik Sumbar

“Kita sebagai kepala sekolah tentu patuh dengan instruksi dinas. Untuk sekarang mereka (siswa) datang ke sini dan belajar dalam masjid. Sementara, ada beberapa siswa tetap belajar di Kampus II,” ungkapnya.

Sebelumnya, ratusan siswa Kampus II SMAN 1 Kota Padang didampingi orang tua mereka, mengadu ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumbar, Selasa (27/9/2022), terkait perbedaan kualitas dan fasilitas dengan Kampus I.

Baca Juga: Siswa Kampus II SMAN 1 Padang Ingin Pindah Kelas, Ini Kata Kadisdik Sumbar

Mereka meminta kegiatan belajar-mengajar para siswa di Kampus II dipindahkan ke Kampus 1. [fru]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist