Tuan Rumah Sumbar Bidik Target 5 Besar POMNas 2022, Ini Cabor Andalan

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Jadi tuan rumah, Kontingen Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menargetkan bisa meraih peringkat lima besar di ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) ke-17 tahun 2022.

Sekretaris POMNAS Sumbar, Asep Sujaya Wahyuri mengungkapkan kalau selama ini Sumbar belum pernah masuk peringkat 10 besar dalam perhelatan POMNas sebelumnya.

“Kita koordinasi dengan rektor perguruan tinggi dan sepakat menargetkan duduk di peringkat lima besar,” katanya di Padang, Kamis (17/11/2022).

Diketahui, POMNas ke-17 akhirnya resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim di Kota Padang hari ini.

Saat pembukaan yang berlangsung di Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) tersebut, Nadiem menekankan POMNas mesti jadi momentum untuk memfasilitasi bakat dan minat mahasiswa di bidang olahraga.

Menurut dia sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan kali ini, Sumbar menargetkan masuk dalam peringkat lima besar dalam gelaran pertandingan olahraga antar mahasiswa nasional ini.

Dalam ajang ini Sumbar menurunkan 209 atlet yang akan turun di 14 cabang olahraga dan persiapan dalam memilih atlet juga dilakukan secara berjenjang dan objektif.

“Di ajang sebelumnya pemilihan atlet ini dilakukan kampus saja namun untuk saat ini kita telah gelar POM Provinsi dan yang turun di ajang ini mereka yang terbaik di pekan olahraga provinsi yang digelar pada Mei 2022,” beber dia.

Menurut Nadiem, langkah ini sebagai upaya menghadirkan generasi muda yang kompetitif, berjiwa kolaboratif, kreatif dalam berkarya dan berprestasi.

“Kegiatan kompetisi olahraga seperti POMNAS penting sekali untuk mendorong kolaborasi lintas sektor dan membangkitkan semangat generasi muda kita untuk berkarya dan berprestasi,” tegas Nadiem yang disambut gemuruh tepuk tangan ribuan atlet yang hadir di Gedung Auditorium UNP tersebut.

Semenetara itu, soal target, Sekretaris POMNAS Sumbar, Asep Sujaya Wahyuri memprediksi cabang olahraga yang mampu menghasilkan medali emas bagi Sumbar di ajang POMNAS 2022 ini dari cabang yakni, beladiri dan cabang olahraga terukur.

“Kita proyeksikan dari tarung derajat, taekwondo, karate, pencak silat. Untuk cabor terukur di cabang atletik,” kata dia.

Baca Juga: Mendikbudristek Nadiem: POMNas 2022 Momentum Lahirkan Generasi Muda Kompetitif

Sebelumnya Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional 2022 ini akan mempertandingkan 14 cabang olahraga yakni bulu tangkis, panjat tebing, petanque, tenis, sepak takraw, pencak silat, atletik, tenis, bola voli, basket, futsal, tarung derajat, karate dan taekwondo. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist