Tol Trans Sumatra Dorong HK jadi BUMN Infrastruktur Terkemuka, Aset Meningkat Rp140,86 T

Tol Trans Sumatra Dorong HK jadi BUMN Infrastruktur Terkemuka, Aset Meningkat Rp140,86 T

Salah satu proyek jalan tol yang dibangun PT Hutama Karya (Persero). [Foto: Dok. Hutama Karya]

Jakarta, Padangkita.com Kinerja impresif dicatat PT Hutama Karya (Persero) selama 4 tahun terakhir. HK berhasil melakukan peningkatan kinerja baik dari sisi pertumbuhan kontrak baru, maupun penyehatan kinerja keuangan. Kondisi ini mempertegas posisi Hutama Karya sebagai pengembang infrastruktur terkemuka Indonesia.

HK mencatat pertumbuhan pendapatan yang stabil selama empat tahun terakhir dengan rata-rata pendapatan sebesar Rp23,6 triliun. Pada Triwulan III tahun 2023 HK meraup laba bersih senilai Rp34 miliar atau tumbuh sebesar 203,29%, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (yoy), yang masih membukukan rugi Rp-992 miliar.

Berdasarkan laporan keuangan, hingga Triwulan III tahun 2023, aset HK meningkat mencapai nilai sebesar Rp140,86 triliun dengan rata-rata pertumbuhan selama 4 tahun sebesar 24,75%. Peningkatan ini menjadikan HK sebagai salah satu dari 10 BUMN terbesar saat ini berdasarkan total aset.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, bahwa penugasan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) menjadi salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan eksponensial, baik pada sisi aset maupun ekuitas perusahaan.

Meski sempat dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak pada perlambatan di sektor konstruksi baik dari sisi penyelesaian proyek maupun ketersediaan proyek baru, namun HK berhasil survive dengan penerapan sejumlah strategi.

“Langkah penyehatan termasuk didalamnya restrukturisasi keuangan melalui penurunan hutang berbunga menjadi salah satu strategi kunci yang kami lakukan, selain perolehan Penyertaan Modal Negara (PMN). Di samping itu, dalam 4 tahun terakhir, kami juga melakukan realignment portofolio bisnis untuk meningkatkan efisiensi, serta melakukan restrukturisasi lainnya yang mencakup perbaikan tata kelola perusahaan, optimalisasi manajemen risiko, dan transformasi teknologi secara berkelanjutan,” ungkap Tjahjo dalam keterangannya Rabu (1/10/2023).

Lebih lanjut Tjahjo menyebutkan, bahwa selama tahun 2022 hingga 2023, HK juga berhasil merealisasikan kerja sama investasi dua ruas JTTS, yakni Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (BakTer) dan Tol Medan – Binjai (MeBi) dengan Indonesia Investment Authority (INA), dengan nilai transaksi Rp20,55 triliun.

“Hasil kerja sama investasi ini digunakan untuk menurunkan outstanding pinjaman atas penugasan pengusahaan JTTS hingga 45%. Dengan turunnya outstanding pinjaman tersebut, maka beban keuangan yang ditanggung oleh Hutama Karya akan berkurang, sehingga akan memperbaiki kinerja keuangan perusahaan untuk tahun ini dan kedepannya,” terang Tjahjo.

Dari sisi ekuitas, dalam 4 tahun terakhir, HK mengalami pertumbuhan hingga 61,11% yang mayoritas berasal dari PMN dengan total nilai kumulatif per Semester I 2023 tercatat sebesar Rp 83,658 triliun. Sementara keberhasilan dalam menurunkan utang juga terlihat dari penurunan liabilitas sebesar 7,32% (CAGR 4 Tahun) dan posisi liabilitas perusahaan per Semester I 2023 saat ini tercatat sebesar Rp 54,95 triliun.

Dari sejumlah upaya yang dilakukan, strategi PMN dan kerja sama investasi menjadi dua strategi yang memberikan dampak signifikan pada langkah penyehatan keuangan perusahaan seiring dengan upaya memenuhi mandat pemerintah atas pembangunan JTTS.

Kedua strategi ini efektif dalam mempertahankan likuiditas dan solvabilitas perusahaan. Pada tahun 2022, HK juga menempati posisi pertama BUMN Karya dengan nilai aset dan ekuitas terbesar diikuti dengan pertumbuhan CAGR 5 tahun tertinggi dari 5 BUMN Karya yang lain.

“Sejumlah pencapaian Hutama Karya ini tak lepas dari peran Menteri BUMN dan Kementerian BUMN selaku pemegang saham dalam mendukung upaya creative financing yang dilakukan perusahaan seperti pengajuan dan pengoptimalisasian PMN, hingga kerjasama investasi,” kata Tjahjo.

Selain upaya penyehatan keuangan yang dilakukan secara berkala, dalam 4 tahun terakhir, HK juga melakukan investasi dengan mengakuisisi PT Petronesia Benimel dan PT Bhirawa Steel. Lewat investasi tersebut, Hutama Karya mendapatkan manfaat tambahan dari vertical integration business hulu ke hilir seperti memastikan ketersediaan material untuk utamanya percepatan penyelesaian JTTS.

Sementara itu, hingga akhir tahun 2023, Hutama Karya masih optimis mencatatkan laba bersih dan mengejar perolehan sejumlah kontrak baru. Hingga tahun 2024 mendatang proyek-proyek baru di IKN serta penyelesaian JTTS Tahap 1 akan menjadi fokus utama perusahaan.

Dari sisi tata kelola, perusahaan juga akan fokus dalam memperbaiki mismatch antara utang dan piutang dengan selektif memilih proyek-proyek yang benar-benar menguntungkan. Hutama Karya berkomitmen untuk mempertahankan tingkat profitabilitas, solvabilitas, dan likuiditas pada level yang optimal.

Baca juga: Transformasi Digital di Hutama Karya Percepat Konstruksi yang Diakui Dunia

“Saat ini kami juga sedang dalam proses tender beberapa proyek di IKN. Kajian risiko dan perhitungan yang matang menjadi perhatian utama perusahaan dalam mencari proyek baru, baik di IKN maupun proyek infrastruktur lainnya,” kata Tjahjo Purnomo. [*/pkt]

Baca berita Infrastruktur terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Baca Juga

Rekonstruksi di Lembah Anai Dikebut, Gunakan Jalur Malalak dan Sitinjau Lauik dengan Bijak
Rekonstruksi di Lembah Anai Dikebut, Gunakan Jalur Malalak dan Sitinjau Lauik dengan Bijak
Ada Kabar Baik soal Tol Padang – Sicincin dari Hutama Karya, Simak Progresnya!
Ada Kabar Baik soal Tol Padang – Sicincin dari Hutama Karya, Simak Progresnya!
Bangun 800 Km Tol Trans Sumatera hingga Juni, Andre Rosiade Apresiasi Kinerja Hutama Karya
Bangun 800 Km Tol Trans Sumatera hingga Juni, Andre Rosiade Apresiasi Kinerja Hutama Karya
Warga Sumbar Mendambakan Jalan Tol, Segini Pertambahan Panjangnya Tiap Tahun
Warga Sumbar Mendambakan Jalan Tol, Segini Pertambahan Panjangnya Tiap Tahun
Perbaikan Jembatan Amblas di Depan SMAN 2 Bayang Perlu Penanganan Komprehensif
Perbaikan Jembatan Amblas di Depan SMAN 2 Bayang Perlu Penanganan Komprehensif
Pemko Padang Buka Jalan Baru lewat Program Padat Karya di Kampung Kandang Dama
Pemko Padang Buka Jalan Baru lewat Program Padat Karya di Kampung Kandang Dama