Tinjau Pasar Aur Kuning, Irwan Janjikan Percepatan Pembangunan

Penulis:
Pasar Aur Kuning terbakar pagi tadi, Jumat (17/11/2017)

Padangkita.com – Gubernur Sumatera Barat menyatakan pemerintah provinsi dan pemko Bukittinggi berupaya secepat mungkin untuk mengembalikan kondisi pasar Aur Kuning yang terbakar, Jumat (17/11/2017).

“Saat ini Pemprov dengan Pemko Bukittinggi berupaya sekuat dan secepat mungkin untuk mengembalikan keadaan seperti semula,” kata Irwan Prayitno, Sabtu (18/11/2017) usai melepas start stage I TdS 2017 di Kabupaten Tanah Datar.

Menurutnya,agar pasar Aur Kuning dapat segera dikondisikan seperti awal, sudah ada kesepakatan antara Walikota dengan para pedagang dan dibantu oleh pihak TNI dan Kepolisian untuk bekerjasama serta bergotong royong untuk membangun kembali.

“Saat ini sudah ada bantuan dari Baznas Provinsi dan Kabupaten/ Kota, dana tak terduga dari pemprov dan pemko Bukittinggi serta bantuan lainnya” ujarnya.

Menurut Irwan, pembangunan kembali pasa Aua Kuniang ini bisa berjalan lebih cepat karena tidak perlu ada relokasi tempat seperti Pasa Ateh yang terbakar sebelum ini.

“Dari segi konstruksi tidak ada masalah untuk pasar Aua Kuniang ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat meminta pemerintah kota dan kabupaten khususnya pemko Bukittinggi untuk memeriksa kembali jaringan instalasi listrik, khususnya pada bangunan-bangunan tua yang dibangun sebelum tahun 1980-an.

Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi menekan kebakaran yang terjadi akibat arus pendek yang sering terjadi khususnya di pasar-pasar tradisional. Kebakaran di Pasar Aur Kuning menambah derita kota Bukittinggi setelah sebelumnya kejadian serupa menimpa Pasa Ateh Bukittinggi.

“Kami meminta pemerintah kota Bukittinggi untuk memeriksa instalasi listrik khususnya pada bangunan-bangunan yang di bangun sebelum tahun 1980,” katanya kepada wartawan, Jumat (17/11/2017).

Selain itu wagub juga meminta kesadaran masyarakat untuk saling menjaga dan jangan mencoba-coba untuk mencuri arus listrik. Dia menambahkan meski polisi belum dapat merilis penyebab pasti kebakaran di Pasar Aur Kuning, namun pedagang diimbau untuk lebih waspada dalam menggunakan dan memanfaatkan jaringan listrik.

Nasrul Abit mengatakan akan segera mengadakan rapat bersama walikota Bukittinggi untuk mengambil langkah-langkah penyelamatan terutama kepada para pedagang. Langkah awal yang akan dilakukan oleh pemerintah setempat adalah mencarikan tempat berdagang sementara.

“Kami akan carikan tempat berdagangan lagi. Ini cobaan, kita bisa tabah dan kami upayakan segera pemulihan dan kami buatkan laporan kepada Mendag dan presiden,” kata Wagub kepada wartawan, Jumat (17/11/2017) di Bukittinggi.

Terpopuler