Tingkatkan PAD dan Cegah Korupsi, Pemko Bukittinggi Tingkatkan Penerapan ETP di Semua Aktivitas Transaksi Keuangan

Penulis: Agg

Berita Bukittinggi hari ini dan berita Sumbar hari ini: Penggunaan ETP di objek wisata berbayar di Bukittinggi mampu tingkatkan PAD.

Bukittinggi, Padangkita.com – Penggunaan Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) di beberapa objek wisata berbayar di Bukittinggi ternyata mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Oleh sebab itu, Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi akan meningkatkan penggunaan ETP di semua objek wisata dan aktivitas transaksi keuangan.

Wakil Wali Kota Bukittinggi Marfendi menyebutkan, Pemko Bukittinggi telah menerapkan transaksi keuangan elektronik pada beberapa transaksi, seperti penggunaan e-money pada pintu masuk objek wisata.

Menurut Marfendi, penerapan ETP pada objek wisata dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga dapat mencegah tindak korupsi.

“Penerapan ETP oleh Pemko akan ditambah secara bertahap. Kami berharap, ke depan semua transaksi masyarakat di Bukittinggi sudah menggunakan e-money,” kata Marfendi saat menghadiri puncak Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) Sumatra Barat (Sumbar) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Padang, Jumat (9/4/2021).

Merfendi menjelaskan, FEKDI merupakan bagian dari kampanye kantor Perwakilan BI dalam perluasan program elektronifikasi pembayaran di daerah, yang meliputi pengelolaan implementasi dan perluasan program elektronifikasi pembayaran, serta pengkoordinasian, kerja sama dan edukasi.

Kampanye ini merupakan kesepakatan Bank Indonesia dengan empat kementerian sebagai bagian dari upaya menindaklanjuti amanat Perpres No.82 Tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif.

Baca juga: RSSN Bukittinggi Berganti Nama Menjadi Rumah Sakit Otak Mohammad Hatta

Pada agenda puncak FEKDI tersebut, Marfendi bersama 11 kepala daerah lainnya di Sumbar menandatangani SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah kabupaten/kota sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah di Sumbar dalam pelaksanaan program ETP. [pkt]


Baca berita Bukittinggi hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler