Tingkatkan Ekonomi Nelayan, Bupati Pessel Usulkan Sejumlah Program ke Menteri KKP

Penulis: Redaksi
|
Editor: Rina Akmal

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Usulan Bupati Pessel berkaitan dengan upaya meningkatkan ekonomi nelayan

Painan, Padangkita.com– Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rusma Yul Anwar mengusulkan pada Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono sejumlah program potensi kelautan untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dalam pertemuan Senin (12/4/2021) itu, Rusma memaparkan potensi perikanan daerah Pessel yang didukung dengan laut dengan panjang garis pantai lebih kurang 240 kilometer.

Kemudian, menyampaikan beberapa usulan berkaitan upaya meningkatkan ekonomi nelayan.

Usulannya antara lain, kegiatan revitalisasi pasar ikan, sarana dan prasarana alat tangkap, pengolahan perikanan dan budidaya perikanan darat dan laut.

Menurut Rusma, untuk meningkatkan perekonomian nelayan diperlukan adanya modernisasi sarana dan prasarana alat tangkap, pengolahan dan budidaya perikanan serta sumber daya manusia yang mumpuni.

“Untuk itu, diperlukan dukungan pemerintah pusat dengan program kegiatannya dan anggaran melalui dana alokasi khusus (DAK),” tuturnya.

Paparan Bupati Rusma juga mendapat respon positif dari Menteri Kelautan dan Perikanan. Menteri berjanji akan segera menindaklanjutinya.

“Mudah-mudahan Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan program sesuai dengan apa yang telah disampaikan tadi, sehingga potensi kelautan dan perikanan yang sangat besar itu dapat digarap secara maksimal untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Baca juga: Kukuhkan Dewan Masjid Indonesia di Pesisir Selatan, Duski Samad: Gerakkan Masjid Sebagai Rumah Umat

Sepekan terakhir, Rusma juga telah menemui Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Pertemuannya guna pengembangan Koperasi dan UMKM dalam bentuk Pembangunan Pusat Layanan Umum Terpadu (PLUT). [rna]

Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler