Tim Jibom Polda Sumbar Ledakkan Mortir yang Ditemukan Warga di Banto Hilia Solok

|
Editor: Zulfikar

Berita Kabupaten Solok hari ini dan berita Sumbar hari ini: Tim Jibom Polda Sumbar meledakkan mortir yang ditemukan warga Banto Hilia Solok.

Arosuka, Padangkita.com – Tim Penjinak Bom (Jibom) Den Gegana Sat Brimob Polda Sumbar mengevakuasi dan mengevaluasi bahan peledak jenis mortir yang ditemukan warga di Jorong Banto Hilia, Nagari Lolo, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok.

Kabag Ops Polres Solok, Kompol Joko Hendro mengatakan, Tim Jibom Den Gegana Sat Brimob Polda Sumbar datang ke wilayah hukum Polres Solok pada Jumat (30/4/2021) sekira pukul 17.50 WIB.

Dijelaskan Joko, bahan peledak itu awalnya ditemukan seorang warga di aliran sungai di daerah itu, dengan berat 1,125 kilogram dan panjang 27 sentimeter.

Saat ditemukan, jelas Joko, mortir itu dalam keadaan berkarat dan diduga sudah berumur puluhan tahun. Namun, Joko juga tidak bisa memastikan apakah bahan peledak itu zaman penjajahan atau tidak.

“Tidak bisa dipastikan. Tapi, yang jelas saat ditemukan oleh warga, bahan peledak ini dalam kondisi berkarat. Diduga umurnya sudah puluhan tahun,” ujar Joko kepada Padangkita.com, Sabtu (1/5/2021).

Kemudian, kata Joko, mortir itu dibawa Tim Jibom Den Gegana Sat Brimob Polda Sumbar untuk dihancurkan atau dimusnahkan.

“Tim Jibom Den Gegana Sat Brimob Polda Sumbar dipimpin oleh Aipda Hendri Wibowo selaku Dantim beserta enam orang anggota,” katanya.

Baca juga: Tim Jibom Detasemen Gegana Satbrimobda Polda Sumbar Ledakkan Ranjau Darat di Pariaman

Pemusnahan mortir itu, ucap Joko, berakhir sekitar pukul 18.30 WIB. [zfk]


Baca berita Kabupaten Solok hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler