Tidak Hanya Talamau, di Pasbar Ternyata Ada 13 Gunung, Namanya Unik-unik

Penulis: Ahmad Romi

Simpang Empat, Padangkita.com – Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menjadi perhatian nasional sejak dihoyak gempa magnitudo 6,1, Jumat (25/2/2022).

Bersamaan dengan itu, Gunung Talamau pun menjadi sorotan, karena pusat gempa darat dangkal tersebut berpusat di patahan di sekitar gunung tersebut.

Namun demikian, di kabupaten yang berjuluk ‘Bumi Tuah Basamo’ ini ternyata tidak hanya ada satu gunung, yakni Gunung Talamau. Setidaknya ada 13 gunung yang tersebar di empat kecamatan, yakni di Kecamatan Sungai Beremas, Ranah Batahan, Lembah Melintang dan Kecamatan Pasaman.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), gunung paling banyak terdapat di Kecamatan Sungai Beremas, yakni delapan gunung. Gunung tersebut adalah Gunung Sicancang dengan ketinggian 196 m, Gunung Marando 230 m dan Gunung Terusan 175 m.

Kemudian Gunung Galanggang 20 m, Gunung Lantuer 525 m, Gunung Ranggasan 659 m dan Gung Leco 84 m.

Di Kecamatan Ranah Batahan terdapat satu gunung, yakni Gunung Sigantang dengan ktinggian 1.573 m.

Selanjutnya di Kecamatan Lembah Melintang terdapat dua gunung, yakni  Gunung Kelabu dengan ketinggian 2.179 m dan Gunung Malintang dengan ketinggian 1.983 m.

Baca juga: Fakta Seputar Gunung Talamau, Lokasi Patahan Aktif Baru Gempa Sumatra dengan Belasan Telaga hingga Air Terjun 

Nah, dua gunung yang paling tinggi terdapat di Kecanatan Pasaman, yakni  Gunung Pasaman dengan ketinggiaan 2.190 m dan Gunung Talamau 2.913 m. Gunung Talamau tidak hanya tertinggi di Kabupaten Pasaman Barat, tetapi sekaligus paling tinggi di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist