Tidak Ada Penyekatan di Tanah Datar, Kapolres: Jangan Takut Lihat Polisi di Jalan

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Perantau yang pulang kampung ke Kabupaten Tanah Datar dalam masa libur Lebaran Idulfitri 1443 H atau 2022, tidak perlu cemas soal penyekatan di jalan raya.

Tidak seperti tahun sebelumnya dalam masa pandemi Covid-19, tahun ini Polisi Resort (Polres) Tanah Datar memastikan tidak ada penyekatan atau pencegatan.

Kepastian itu disampaikan Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto, kepada Padangkita.com, Jumat (22/4/2022) selepas apel gabungan di Istano Basa Pagaruyung.

“Pihak Polres Tanah Datar tidak membuat lokasi untuk check point atau posko pemeriksaan seperti tahun sebelumnya,” katanya.

Ia meminta masyarakat, khususnya pemudik jangan takut kalau melihat petugas di lapangan. Sebab, kata dia, petugas yang diterjunkan ke lapangan hanya memberikan dan memastikan pelayanan demi kelancaran arus mudik.

“Di pos yang ada nantinya, tidak ada pencegatan, penyekatan dan menyuruh pemudik putar balik,” sampai Ruly.

Lebih lanjut, Kapolres Ruly mengungkapkan, pihaknya tidak akan menggelar kegiatan swab test. Namun, hanya menggelar program pemberian vaksin Covid-19 bagi masyarakat yang belum lakukan vaksinasi.

“Jadi, kalau belum vaksin dikasih kesempatan untuk vaksin gratis, tidak ada swab atau lainnya. Kami pastikan bahwa kita melaksanakan pengamanan dan pelayanan agar warga bisa melaksanakan mudik dengan lancar,” tuturnya.

Kapolres AKBP Ruly juga memprediksi penumpukan kendaraan yang hendak mudik akan terjadi pada H-3 jelang Hari Raya Idulfitri.

Baca juga: Kapolda Tegaskan Antisipasi Paham Radikal saat Mudik Lebaran di Sumbar Tanggung Jawab Semua Pihak

“Kita telah persiapkan petugas dengan sebaik-baiknya bersama instansi terkait lainnya untuk segera mengatasi dan mengatur ketika terjadi kemacetan luar biasa di berbagai ruas jalan di Tanah Datar nanti,” pungkasnya. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist