Terpilih Jadi Wali Kota Terbaik, Mahyeldi: Berkat Doa dan Dukungan Warga Padang

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, meraih penghargaan “Best Government Officer” dalam “People of The Year 2020” yang diselenggarakan Metro TV. Mahyeldi yang saat ini menjadi Calon Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) menyebut penghargaan tersebut berkat dukungan masyarakat Kota Padang.

“Penghargaan dari Metro TV ini tentunya bukan milik saya pribadi, tetapi penghargaan ini saya persembahkan untuk masyarakat Kota Padang yang saya cintai,” kata Mahyeldi, sebagaimana dikutip medcom.id, Jumat (20/11/2020).

Baca Juga

Mahyeldi menjelaskan penghargaan tersebut tak akan ia bisa raih tanpa doa dan dukungan dari masyarakat Kota Padang. Dia berharap penghargaan ini bisa memacu kepala daerah lain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Karena tanpa doa dan dukungan dari masyarakat, saya tidak akan mendapatkan semua ini,” jelasnya.

People of The Year 2020 Metro TV menampilkan empat kategori, yakni Best Government Officer, Best CEO, Best Social Media Movement, dan Person of The Year.

Sebelumnya, lima Kepala Daerah se-Indonesia lulus ketegori serta penjaringan panitia. Metodologi penjaringan dari 100 nama hingga mengerucut menjadi lima nama untuk dipilih menjadi satu nama terbaik dilakukan oleh News Research Center (NRC) Media Group News.

Untuk mendapatkan lima Kepala Daerah tersebut ada beberapa kreteria yang ditetapkan, di antaranya adalah sosok Wali Kota yang memiliki kemampuan dalam berinovasi pelayanan publik menjadi kunci terpilihnya kepala daerah terbaik (Best Government Officer). Hal itu adalah aspek utama disamping Indeks Pembangunan Manusia, dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kualifikasi nomine the Government Officer adalah bukan pejabat sementara (Plt), tidak pernah dipidana atau sedang dalam status tersangka. Dan, menjabat sebagai kepala daerah tingkat II minimal 3 tahun.

Di antaranya juga Kepala Daerah yang mampu mencapai sasaran pembangunan di tengah pandemi Covid-19. Serta konsisten dalam memberikan informasi secara terbuka tentang program kegiatan dan aliran dana yang didistribusikan, memiliki inovasi pelayanan publik, dan hasil audit BPK pada 2019 masuk kategori Wajar Tanpa Pengecualian.

Terakhir adalah kandidat penerima juga kreativitas dalam berkomunikasi dengan publik via media sosial patut menjadi unsur penting dalam penilaian Kepala Daerah terbaik. (*/adv/pkt)


Baca berita Padang dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler