Terkendala Pembuangan Limbah Medis, Rusunawa Painan Belum Bisa Tampung Pasien Positif Covid-19

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Painan, Padangkita.com – Rencana pemanfaatan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di Kenagarian Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan (Pessel) sebagai tempat alternatif untuk perawatan pasien Covid-19 dengan gejala sedang masih terkendala.

Pasalnya, tempat pembuangan sampah limbah medis masih belum ada hingga saat ini.

Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariansyah mengatakan, saat ini Rusunawa Painan perlu adanya Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

“Pemerintah daerah perlu mewaspadai soal limbah medis yang dapat membahayakan jika dibuang secara sembarangan. Karena hal tersebut nantinya juga dapat bermuara pada hukum jika tidak dikelola dan didukung dengan fasilitas yang memadai,” ujarnya, Selasa (3/8/2021).

RSUD Tapan Jadi Alternatif

Terkendalanya Rusunawa Painan jadi tempat isolasi pasien positif Covid-19. Maka, Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah merencanakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tapan jadi alternatif untuk menampung pasien Covid-19.

Hingga saat ini, jelas Rudi, yang paling efektif untuk menampung pasien positif Covid-19 itu RSUD M Zein dan itu sudah dilaksanakan. Lalu, RSUD Tapan.

“Yang paling efektif saat ini dengan memanfaatkan RSUD Tapan dan meningkatkan daya tampung pasien Covid-19 di RSUD M Zein Painan,” ungkap Rudi.

Terpopuler