Tenaga Honorer Bakal Diangkat PNS di 2021, Ini Syaratnya

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Pemerintah berencana membuka peluang tenaga honorer untuk diangkat menjadi PNS di tahun 2021. Sekretaris Jenderal Kemenpan-RB Dwi Wahyu Atmaji membenarkan hal tersebut.

“Ada rencana pengangkatan guru. Guru honorer yang memenuhi syarat bisa ikut mendaftar dan mengikuti seleksi,” ujar dia dilansir dari Liputan6.com, Senin (7/9/2020).

Adapun syarat yang dimaksud, pendidikan minimal untuk guru honorer adalah S1, dengan usia maksimal 35 tahun. “Kalau guru harus S1, kalau bidan/perawat minimal D3,” terang Dwi.

Sementara itu, Dwi masih belum mengetahui persis berapa kuota yang akan mengisi formasi PNS 2021.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menjelaskan sejauh ini formasi untuk penerimaan CPNS 2021 masih terbatas.

Namun formasi yang dibuka nanti sangat dibutuhkan hingga ke tingkat desa. Seperti guru, bidan, perawat, dokter, penyuluh pertanian, penyuluh KB, penyuluh pekerjaan umum.

Baca juga: Siap-Siap, Lowongan CPNS Kembali Dibuka di 2021

Menurut Tjahjo untuk guru formasi yang dibutuhkan sekitar 1 juta, sementara penyuluh di bidang kesehatan sekitar 200 ribu CPNS. “Satu desa, kecamatan itu harus ada ASN yang menjadi penyuluh, ada yang kesehatan menyangkut skala prioritas dan pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM,” ujar Tjahjo.

Tjahjo menambahkan untuk tahun ini pemerintah akan menyelesaikan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) yang terhambat lantaran pandemi Covid-19.

Selain itu, pemerintah juga berencana akan kembali membuka perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun formasi 2021.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan seluruh tenaga honorer punya kesempatan yang sama untuk diangkat menjadi CPNS di tahun mendatang.

“Ya kalau CPNS ini terbuka untuk siapa saja. Kalau tidak ada aturan khusus tentang honorer, maka mereka juga akan disamakan dengan yang dari umum,” kata Paryono

Kendati begitu, ia belum bisa mengumumkan kapan seleksi CPNS 2021 akan dibuka. Begitu juga dengan jumlah dan perkiraan formasinya, dia tidak bisa mengungkapkan lebih lanjut.

“Ini saya belum tahu. Kami belum punya informasi ini,” ujar dia singkat. [*/try]


Berita ini sebelumnya dimuat Liputan6.com jaringan Padangkita.com dengan judul: Tenaga Honorer Bisa Diangkat PNS di 2021, Simak Syaratnya