Tanah Ulayat Tak Hambat Investor di Tanah Datar, Ini Kata Wabup Richi

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian menggaransi persoalan tanah ulayat tidak akan menjadi sebab investor ragu-ragu berinvestasi, terutama di kawasan Salimpaung.

“Sebagai bukti, ninik mamak dan masyarakat pemilik tanah ulayat di Salimpaung sepakat untuk hibahkan tanahnya demi pembangunan Pondok Pesantren Munahijussadat. Ini tentunya bisa menjadi contoh dan rujukan bagi daerah lain di Tanah Datar,” kata Wabup Richi Aprian saat kunjungan persiapan KAN Salimpaung hadapi penilaian tingkat Sumbar, Kamis (7/10/2021) di aula kantor setempat.

Richi menambahkan, pemerintah daerah dibawah kepemimpinan ia bersama Bupati Eka Putra telah sepakat untuk menjadikan pengembangan kelembagaan adat dan budaya sebagai salah satu Program Unggulan (Progul) Tanah Datar.

“Kami sepakat dalam Progul poin ketujuh, kita akan lakukan peningkatan biaya operasional KAN, LKAAM, Bundo Kanduang dan Organisasi Keagamaan. Insya Allah ini semua akan kita laksanakan,” ujarnya.

Disebutkan Richi lagi, selain program keagamaan untuk menghasilkan hafizh dan hafizhah di tiap rumah, bidang adat dan budaya ini diharapkan mampu menekan perilaku negatif di Tanah Datar.

“Saat ini kenakalan remaja, pergaulan bebas ataupun penyalahgunaan Narkoba masih tinggi di Tanah Datar. Karena itu, dengan keseriusan campur tangan ninik mamak dan unsur lainnya memberikan arahan dan pengajaran, perilaku itu bisa hilang dan habis di Tanah Datar,” katanya.

Terkait penilaian KAN terbaik tingkat Sumbar, Richi berharap KAN bersama Wali Nagari dan perangkat lainnya bekerja sama untuk mencapai hasil terbaik.

“Persiapkan bahan penilaian yang akan dilihat juri, termasuk persiapkan ranji yang ada di Nagari Salimpaung dan beberapa poin lainnya,” tukasnya.

Sementara itu Ketua KAN Salimpaung Sy Dt Maharajo Tambosa menyampaikan, persiapan dalam menyambut tim penilai sudah cukup baik.

Alhamdulillah, persiapan sudah 95 persen, namun tentunya dukungan dan sokongan semua pihak di Nagari Salimpaung tetap diharapkan agar kita bisa menjadi terbaik nantinya,” kata Sy Dt. Maharajo Tambosa. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist