Tanah Datar “Zero” Kasus Covid-19, ODP dan PDP, Roza: Warga Diminta Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

Penulis: Agg

Batusangkar, Padangkita.com – Dengan sembuhnya pasien Covid-19 terakhir Rabu (6/8/2020), otomatis menjadikan Kabupaten Tanah Datar “zero” kasus Covid-19. Kabar menggembirakan itu juga diiringi dengan tidak adanya lagi Orang Dalam Pantauan (ODP), maupun Pasien Dalam Perawatan (PDP) atau kasus suspek.

Kabid P2P Dinkes Tanah Datar, Roza Mardiah mengatakan, pada Rabu (5/8/2020) angka ODP tercatat sebanyak tiga orang dan PDP sebanyak dua orang. Namun pada Kamis (6/8/2020) sudah dinyatakan nol, alias tidak ada sama sekali.

Dia menjelaskan, dua orang PDP yang sebelumnya dirawat di RS Achmad Mochtar Bukitinggi telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Sedangkan ODP sebanyak tiga orang telah melewati masa inkubasi selama 14 hari.

“Betul. PDP-nya sudah sembuh dan pulang habis dirawat di RS Achmad Mochtar. Kalau ODP sudah habis masa inkubasinya 14 hari,” ujar Roza.

Baca juga: Dua Pekan Pencarian Warga Tanjuang Bonai Tanah Datar yang Hilang Belum Membuahkan Hasil

Sementara itu, dari laporan tertanggal 6 Agustus 2020, saat ini yang tersisa hanya angka notifikasi atau pelaku perjalanan dari daerah terkonfirmasi sejumlah 188 orang. Angka ini juga tercatat turun jika dibandingkan hari sebelumnya, yang tercatat sebanyak 195 orang.

Baca juga: Ada Tulisan Mirip Lafaz Allah di Batu Ngarai Ngalau Indah Pangian Tanah Datar

“Saat ini hanya ada tersisa notifikasi,” tambah dia.

Baca juga: Semua Pasien Covid-19 di Tanah Datar Telah Dinyatakan Sembuh, Status Masih Zona Kuning

Meski saat ini Tanah Datar sudah “zero’ kasus Covid-19, Roza tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak, menggunakan masker dan rutin mencuci tangan. [agg/pkt]


Baca berita Tanah Datar terbaru hanya di Padangkita.com