Tanah Bergerak di Tanah Garam Solok, Warga Cemas Terjadi Longsor

Penulis: Ramono Aryo

Berita Kota Solok terbaru dan berita Sumbar terbaru: Peristiwa tanah bergerak di Payo Tanah Garam Solok membuat warga cemas. Mereka cemas akan terjadinya longsor

Solok, Padangkita.com – Ratusan warga Payo di Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok mengkhawatirkan fenomena tanah bergerak yang terjadi di kampung mereka. Warga cemas tanah bergerak memicu terjadinya longsor.

Wakil Gubernur ((Wagub) Sumatra Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengatakan sekitar 300 warga yang mengungsi ke Sekolah Dasar (SD) Negeri 12 Tanah Garam akibat peristiwa tersebut.

Peristiwa tanah bergerak di Payo Tanah Garam Kota Solok tersebut terjadi Kamis (3/9/2020).

“Peristiwa tanah bergerak di Payo Tanah Garam Solok menyebabkan sekitar 300 warga mengungsi. Mereka cemas akan terjadinya longsor,” kata Nasrul Abit dalam keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, Minggu (6/9/2020).

Wagub menyatakan karena belum adanya jaminan keamanan, masyarakat sebaiknya tetap di tempat tersebut sementara waktu.

Baca Juga: Simpan Narkoba di Motor, Pemuda di Solok Ditangkap Polisi

Berdasarkan pemantauannya di lapangan, Nasrul mengatakan bahwa kondisi di atas bukit tidak banyak yang rusak namun warga diminta tetap hati-hati dan waspada. Dia juga bersyukur saat ini telah mengalir bantuan dari Tagana, Dinas Sosial dan BPBD setempat.

“Alhamdulillah tim dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial dan BPBD memberikan bantuan berupa beras, supermie siap saji, ada peralatan bayi dan juga ada kasur,” harap Nasrul.

Nasrul Abit mengimbau kepada masyarakat agar waspada saat terjadinya hujan lebat di daerah tersebut.

Ia juga meminta pemerintah setempat untuk memindahkan batu yang berada di belakang rumah-rumah warga agar tidak membahayakan nantinya.

Saat meninjau lokasi tanah bergerak di Tanah Garam Solok tersebut Wagub didampingi Wakil Walikota Solok Zul Elfian, Kadis Sosial Sumbar Jumaidi, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi, serta BPBD Provinsinsi Sumbar dan juga dari Dinas Sosial Kota Solok. [*/abe]


Baca berita Kota Solok terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com