Tampung Usulan Pembangunan Tahun 2023, Wabup Pasaman Buka Musrenbang Dua Kecamatan

Penulis: Isran Bastian

Lubuk Sikaping, Padangkita.com – Pemkab Pasaman gelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023 mendatang di 12 kecamatan. Untuk Musrenbang di Kecamatan Rao dan Rao Utara di buka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Pasaman, Sabar AS, Rabu (16/2/2022).

Terkhusus di kecamatan Rao Utara, Wabup disambut hangat masyarakat setempat dengan tarian pasambahan dan tari gelombang  yang dibawakan oleh Siswa siswi SMA I Rao Utara, menandakan keseriusan masyarakat setempat untuk mengikuti Musrenbang tersebut.

Sabar AS dalam arahannya menyebutkan, Musrenbang ini merupakan proses perencanaan yang timbul dari bawah, yang mana seluruh merupakan usulan dari seluruh stakeholder yang ada dan akan di tampung.

“Penting juga kami tegaskan beberapa titik penting yang akan segera dilaksanakan pembangunannya di dua Kecamatan ini. Disamping itu untuk mewujudkan program Pasaman Berimtaq seluruh sektor kegiatan keagamaan akan terus dilakukan, laksanakan guna menyiapkan masyarakat Pasaman yang beriman dan bertaqwa,” katanya.

Selain itu untuk program Pasaman yang berbudaya, dimana di sektor ini akan terus menggali dan menggalakan budaya asli agar generasi muda kan lebih mengenal budaya daerahnya sendiri.

“Demikian juga sektor wisata yang juga terus ditingkatkan mulai dari nagari sampai Kabupaten, dimana sektor Wisata ini sangat berkaitan dengan budaya,” tambahnya.

Sabar As juga menjelaskan tentang program Pasaman Cerdas diantarannya dengan menggratiskan biaya sekolah sampai ke tingkat SLTA dan bahkan pemerintah daerah juga membantu bagi mahasiswa Kurang mampu dan berprestasi.

“Untuk program Pasaman sehat Guna memberikan pelayanan kesehatan yang mudah dijangkau oleh masyarakat, dimana nantinya setiap kejorongan akan difasilitasi dengan satu Polindes,” katanya.

Namun tak kalah pentingnya adalah Program Pasaman terakses intinya adalah seluruh wilayah Pasaman dapat terakses oleh Kendaraan maupun fasilitas lain. “Dan dengan program  ini juga dapat mempercepat program peningkatan ekonomi masyarakat,” tutupnya.

Baca Juga : 83 CPNS Pemkab Pasaman Resmi Dilantik, Ini Formasinya 

Dalam kegiatan tersebut juga digelar sesi tanya jawab antara peserta yang ada dengan Wabup dan Kepala OPD, terkait usulan dan saran tentang pembangunan di daerah itu kedepan. [rom/isr]

Terpopuler

Add New Playlist