Tambahan 30 Kasus Covid-19 di Agam Hari Ini Hasil “Tracking” Klaster “Baralek”

Penulis: MF Zikri

Berita Agam terbaru dan berita Sumbar terbaru: Penambahan 24 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Agam berasal dari klaster pernikahan atau “baralek”.

Lubuk Basung, Padangkita.com – Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Agam mencatat penambahan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Agam sebanyak 24 kasus. Sehingga, secara kumulatif total kasus Covid-19 di Agam menjadi 275 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Agam, Khazman menyebutkan, tambahan kasus positif hari ini bukan berasal dari klaster Pilkada, atau yang pernah kontak dengan dua bakal calon bupati yang dilaporkan positif Covid-19.

Penambahan ini, kata dia, merupakan hasil dari “tracking” pasien positif dari klaster pernikahan atau “baralek” yang terdapat ditiga titik.

“Untuk swab yang pilkada (klaster Pilkada) itu belum keluar hasilnya, kita masih menunggu itu. Penambahan hari juga tidak kita sebut klaster, karena tiap tempat penambahannya itu tidak banyak, yang masuk itu cuma klaster baralek,” jelas Khazman ketika dihubungi Padangkita.com, Kamis (10/9/2020) malam.

Khazman mengatakan, catatan tim Gugus Tugas Covid-19 Agam memang berbeda dengan laporan Gugus Tugas Covid-19 Sumbar, yang menyebut tambahan kasus di Agam sebanyak 30 orang.

“Untuk sementara ada selisih enam kasus. Itu karena laporan 30 orang dari provinsi itu sore ini, sedangkan kita 24 itu berdasarkan laporan pada siang hari. Tapi kita sudah terima sisanya enam orang itu, dan sedang kita lakukan ‘tracking’,” ujarnya.

Dikatakannya, sebanyak 24 warga Agam yang menambah daftar kasus positif tersebut berasal dari tujuh kecamatan yakni, Kecamatan Palembayan, Kecamatan Banuhampu, Kecamatan Sungai Pua, Kecamatan Candung, Kecamatan IV Koto, Kecamatan Ampek Angkek dan Kecamatan Palupuah.

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 Sumbar 1.379 Orang Setelah Bertambah Hari Ini 108 Orang

Dia merinci, di Kecamatan Palembayan ada 7 warga yang terinfeksi Covid-19, masing-masing berinisial I, 54 tahun, RA,10 tahun, KH, 31 tahun, H, 52 tahun, A, 66 tahun, EN, 39 tahun, dan KY, 58 tahun.

Di Kecamatan Banuhampu menambah 3 kasus yakni, D, 49 tahun, E, 53 tahun dan EN, 62 tahun. Sedangkan di Kecamatan Sungai Pua tambah satu kasus positif Covid-19 dengan inisial warga tepapar SW, 41 tahun.

Selanjutnya, di Kecamatan Candung terdapat 2 orang yang terpapar Covid-19 yakni A, 67 tahun dan Y, 54 tahun. Di Kecamatan IV Koto dan Ampek Angkek masing-masing menambah 4 kasus positif Covid-19 yakni, SH, 23 tahun, A, 55, tahun, S, 74 tahun dan Y, 62 tahun dari Kecamatan di IV Koto. Kemudian TA, 24 tahun, WE, 56 tahun, EM, 38 tahun dan RW, 29 tahun dari Kecamatan Ampek Angkek.

Terakhir, dari Kecamatan Palupuah, terdapat penambahan 3 kasus yakni, I, 33 tahun, SW, 23 tahun dan ZA, 44 tahun.

Selain itu, Khazman juga menyapaikan penambahan pasien sembuh sebanyak 11 orang. Tiga pasien asal Kecamatan Matur dengan inisial MR, 19 tahun, IO, 28 tahun dan NN, 16 tahun. Dari Kecamatan Tanjung Raya 3 pasien dengan inisial MM, 19 tahun, A, 72 tahun, dan MY, 13 tahun.

Dua orang dari Kecamatan Tilantang Kamang yaitu FJ, 19 tahun dan AR, 16 tahun. Serta, AH, 21 tahun, SZ, 47 tahun dan FR, 20 tahun asal Kecamatan Sungai Puar.

“Alhamdulillah hari ini cukup banyak warga Agam yang dinyatakan sembuh, yakni sebanyak 11 orang yang berasal dari empat kecamatan. Dengan begitu totalnya menjadi 78 orang,” kata dia.

Ditambahkan, di Kabupaten Agam saat ini tercatat sebanyak 100 warga dengan status suspek atau dicurigai. Sedangkan jumlah warga yang masih dalam perawatan berjumlah 192 orang.

“Kita berharap mereka yang dirawat cepat diberi kesembuhan, dan masyarakat Agam umumnya diharapkan tetap disiplin menjaga protokol kesehatan.” [mfz/pkt]


Baca berita Agam terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com