Talago Buni Meriahkan Payakumbuh Botuang Festival

Penulis: Redaksi
Penampilan kelompok musik Talago Buni. (Foto : Ist)

Padangkita.com – Talago Buni, kelompok musik yang telah tampil di banyak panggung musik dunia akan tampil di Payakumbuh Botuang Festival (PBF) 2017. Grup yang berbasis di Padang ini akan menampilkan komposisi musik yang bersumber pada repertoar khas Payakumbuh, tempat PBF dihelat.

Direktur Artistik Talago Buni, Edy Utama mengatakan dua unsur bunyi yang sangat dominan di Payakumbuh adalah Sampelong dan Sirompak. Dua unsur bunyi itu hanya ada di Payakumbuh dan Talago Buni akan mengeksplorasi dua kekayaan bunyi ini ke dalam bentuk komposisi musik yang nanti akan ditampilkan.

“Dua kekuatan bunyi ini akan digarap menjadi sesuatu yang baru. Ada kalanya komposisinya akan diperkaya secara kreatif,” ujar Edy saat dihubungi Kamis, 23 November 2017.

Dua unsur ini akan menjadi titik berangkat gubahan musik Talago Buni. Ada dua komposisi yang telah dirancang yakni Galuik Sampelong dan Galuik Sirompak. Pada gubahan ini, instrumen tiup akan sangat terasa. Terlebih lagi instrumen tiup dari bambu. Meski begitu Talago Buni tetap juga menjaga keseimbangan dengan sentuhan perkusi.
“Talago Buni cukup dominan menggunakan flute. Namun flute yang digunakan tetap terbuat dari Saluang bambu. Dan Talago Buni memang spiritnya berada di Saluang Bambu ini,” kata Edy.

Selain mengolah dua unsur musik dari Payakumbuh, Talago Buni juga menggarap unsur bunyi lain dari Payakumbuh, sebuah unsur non musik. Unsur ini adalah kekayaan vokal yang berasal dari dialek atau cara bertutur masyarakat Payakumbuh yang khas. Menurut Edy, dialek akan menjadi kekuatan vokal yang beriringan dengan unsur bunyi dari instrumen tiup.

Talago Buni akan tampil pada 2 Desember di PBF 2017. Tepatnya di Panorama Ampangan Kanagarian Aua Kuniang Kecamatan Payakumbuh Selatan. Kelompok ini didirikan pada 1998. Talago Buni memulai debutnya dari Jerman dengan merilis album pada tahun 1999.
Talago Buni telah tampil di sejumlah festival antara lain Bali World Music Festival (2002), Solo International Ethnic Music Festival (2007), Sawahlunto International Music Festival (2010), Rainforest World Music Festival. Pada 2017 ini Talago Buni tampil pada pertunjukan di Runah Gadang Sumpu, di Maninjau dan di Komunitas Tanah Ombak di Padang.

Terpopuler