Tak Benar Erdogan Cium Tangan Biden, Itu Cuma Potongan Video yang Diberi Narasi Keliru 

Penulis: Redaksi

Berita International Hari Ini dan berita Sumbar Hari Ini  Tak Benar Erdogan Cium Tangan Biden, Itu Cuma Potongan Video yang DIberi Narasi Keliru

Jakarta, Padangkita.com – Salah satu akun bernama “Generasi Muda NU” atau @Generasi_MudaNU mengunggah sebuah foto yang menyebut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sedang mencium tangan ke Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Foto di Twitter itu dilengkapi keterangan: “Suhannallah sungguh contoh akhlaq yang mulia dari seorang Kholifah akhir zaman Syaikh Es Degan yang sungkem ke Joe Biden. Semoga para Turkiyem yang ada di Indonesi mau mengakui dan mengikuti jejaknya, tunduk dan manut ke AS dan sekutunya. Takbir…

Walau banyak yang berkomentar bahwa yang diunggah itu tidak benar, tetapi hingga malam ini (17/6/2021) pukul 22.00 WIB, unggahan itu belum dihapus.

Foto yang sama juga ada yang mengunggah ke di Facebook. Narasinya berbunyi: “Erdogan cium tangan Joe Biden. Serendah itukah Turki di hadapan AS?? Bagaimana dengan perasaan mereka yang mengidolakan Erdogan di sini?

Unggahan keduanya menyertakan foto Erdogan yang tampat menunduk dan hendak mencium tangan Joe Biden.

Benarkah Erdogan mencium tangan Joe Biden?

Keterangan yang disematkan dalam unggahan foto itu ternyata tidak benar. Presiden Turki Erdogan tidak mencium tangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, melainkan mereka tengah melakukan salam mengepal yang populer selama pandemi Covid-19.

Dalam unggahan foto di Twitter dan Facebook itu, sudut pandang pengambilan foto memperlihatkan seakan-akan Erdogan berada di posisi bawah dibanding Joe Biden.

Padahal jika melihat video salam mengepal kedua kepala negara itu, Erdogan sebelumnya tampak dalam posisi duduk. Kemudian, Joe Biden tiba di ruangan.

Baca juga: Turki Temukan Cadangan Gas Terbesar dalam Sejarah, 8 Pemuda Indonesia Ikut Berkontribusi

Keduanya pun tampak secara spontan saling melakukan salam mengepal saat Joe Biden menghampiri dan Erdogan belum selesai berdiri.

Sebagaimana penelusuran Antara, video lengkap pertemuan Erdogan dan Biden dapat dilihat di akun Twitter @eha_news yang diunggah pada 15 Juni 2021. Dalam keterangan unggahan akun Eha News, kedua kepala negara itu bertemu dalam NATO Summit di Brussel, Belgia. (*/pkt)


Baca berita Internasional hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist