Tahun Perdana RPJMD 2021-2026, DPRD Sumbar Fokus Kawal Progul Gubernur 

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – DPRD Sumbar menyatakan komit untuk mengawal  program-program yang dijalankan Pemerintah Provinsi (Pemprov), guna menunjang suksesnya penyelenggaraan program pemerintahan daerah di tahun 2022 ini.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan, 2022 adalah tahun pertama pelaksanaan RPJMD 2021-2026 dan sejumlah program unggulan yang diusung Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy. Karena program prioritas yang ada di RPJMD dan Program Unggulan (Progul) sudah menjadi tanggung jawab bersama.

“Untuk RPJMD dan Progul ini, dia tidak lagi merupakan visi misinya gubernur, tapi sudah menjadi program prioritas Pemerintah Provinsi Sumbar termasuk DPRD, sehingga kita akan kawal itu,” ujar Supardi, Rabu (12/1/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, di tahun sekarang DPRD juga akan fokus mengawal agar Sumbar bisa lebih mandiri, dan punya konektivitas hubungan yang bagus dengan pemerintah pusat. Hal ini mengingat kondisi APBD Sumbar yang terbatas,  sehingga sangat dibutuhkan dukungan APBN untuk mensuport pembangunan di Sumbar, baik itu untuk masalah ekonomi, infrastruktur dan lain sebagainya.

Baca Juga : Demokrat Kecewa Ditinggal Sendirian Soal Usul Hak Angket di DPRD Sumbar

“Kemudian kita juga akan mengawal, bagaimana pendapatan daerah bisa naik tanpa harus membebani masyarakat,” ujarnya.

Artinya di sini, sambung Politisi Gerindra tersebut, DPRD akan mengawal agar Pendapatan  Asli Daerah (PAD) tidak hanya bertumpu pada pajak kendaraan bermotor, tapi juga bisa dengan menggali sektor-sektor lain, seperti memanfaatkan aset-aset idol yang cukup banyak,  salah satunya dengan bekerja sama dengan pihak ketiga. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist