Tahun 2022 Ini, Rp82 Miliar APBD Sumbar Dikucurkan Untuk Kabupaten Limapuluh Kota

Penulis: Redaksi

Sarilamak, Padangkita.com – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menyampaikan tahun 2022 ini, sebesar Rp82 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumbar dialokasikan untuk Kabupaten Limapuluh Kota.

Anggaran sebesar itu, kata Gubernur Mahyeldi, di antaranya Rp5,8 miliar untuk pendidikan, Rp7,5 miliar untuk kesehatan, Rp4,9 miliar bidang kehutanan yang salah satunya digunakan untuk budidaya madu galo-galo.

Kemudian, untuk Koperasi dan UMKM Rp1,5 miliar, perkebunan Rp7,5 miliar dan bidang pariwisata Rp8,3 miliar.

“Inilah bentuk sinergi kita ke depan antara provinsi dengan kabupaten dan kota. Insya Allah tahun 2023 akan kita tingkatkan lagi jumlah anggarannya. Termasuk pembangunan Jembatan Siapi-api 2, menghubungkan Jorong Api-Api dengan Balai Rupih,” ungkap Gubernur Mahyeldi saat memberikan sambutan dalam rangkaian Safari Ramadan di Masjid Al-Muttaqin, Balai Rupih Simalanggang, Minggu (10/4/2022) malam.

Bupati Limapuluh Kota, Safarudin Dt. Bandaro Rajo yang hadir malam itu menyambut baik Gubernur Mahyeldi beserta tim Safari Ramadan Provinsi Sumbar di Simalanggang.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, kami sangat berterima kasih telah menunjuk Nagari Simalanggang sebagai satu dari 5 tujuan safari Ramadan Pemprov Sumbar, di mana tiga di antaranya dihadiri oleh Gubernur,” kata Bupati Safarudin.

Dalam kunjungan Safari Ramadan ini, Gubernur menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Al-Muttaqin sebesar Rp50 juta. Ditambah bantuan dari Bank Nagari Rp10 juta dan dari Kemenag Sumbar berupa Al-Quran.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi juga mengajak masyarakat Simalanggang untuk mendukung proyek strategis nasional yakni Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang akan melewati daerah Limapuluh Kota.

Baca juga: Pernah Minta Perubahan Jalur, Gubernur Mahyeldi Ajak Warga Simalanggang Sukseskan Jalan Tol Padang-Pekanbaru

Tampak hadir mendampingi Gubernur, di antaranya Asisten III Setdaprov Sumbar Andri Yulika, Kepala Dinas PMD Amasrul, Kadis Pendidikan Barlius dan Pimpinan Baznas Sumbar Nurman Agus. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist