Sutradara “Laskar Pelangi” Akan Produksi Film di Kawasan Saribu Rumah Gadang

Penulis: Zulfikar Efendi

Padang Aro, Padangkita.com – Sutradara kondang Riri Riza akan memproduksi film di Kawasan Perkampungan Adat Nagari Saribu Rumah Gadang, Solok Selatan.

Film yang akan diproduksi oleh sutradara yang telah memperoleh banyak penghargaan, seperti Film Laskar Pelangi, Petualangan Sherina, Kuldesak, Sang Pemimpi dan lainnya itu akan memproduksi film bertemakan budaya.

Produksi film di Kawasan Saribu Rumah Gadang tersebut diinisiasi Kementrian Pendidikan melalui program Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) dengan rencana produksi selama lima hari, dimulai pada Rabu (13/10/2021).

Bahkan, film itu akan ditayangkan pada akhir Oktober nanti, dan akan disiarkan secara Nasional, virtual dan di sejumlah TV swasta.

Riri Riza juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Solok selatan dan kunjungan dari istri Bupati Solok Selatan ke lokasi suting.

Riri menilai, Kawasan Saribu Rumah Gadang memiliki potensi wisata budaya yang potensial untuk terus dikembangkan. “Karena ini (Kawasan Saribu Rumah Gadang) memiliki kekhasan tersendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK atau istri Bupati Solok Selatan, Erniati Khairunas mengucapkan terima kasih kepada Rizi Riza dan kru serta Kementerian Pendidikan yang telah memilih lokasi suting di Solok Selatan.

“Terima kasih telah memilih lokasi Kawasan Saribu Rumah Gadang Ini,” ujar Erniati.

Baca juga: Ada Aliran Bernama Pelindung Kehidupan di Solok Selatan, Gabung Bayar Jutaan Dipimpin “Raja Sumatra”

Adanya produksi film ini, kata Erniati, otomatis akan ikut membantu mempromosikan Solok Selatan, khususnya Kawasan Saribu Rumah Gadang sebagai sebuah kawasan wisata budaya yang unik dan berbeda dengan perkampungan lainnya. [*/zfk]

Terpopuler