Survei 1 Tahun Mahyeldi-Audy: Tidak Baik Soal Regulasi Perbaikan Ekonomi dan Penanganan Pandemi

Padang, Padangkita.com – Setahun kinerja pasangan Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) dan Wakil Gubernur, Mahyeldi Ansharullah-Audy Joinaldy, dinilai baik.

“Secara umum, 53,09% responden menilai baik kinerja 1 tahun Mahyeldi-Audy. Secara kuantitatif, salah satu hal yang menjelaskan penilaian baik tersebut adalah kinerja pada aspek infrastruktur, aspek pengelolaan anggaran dan aspek sumber daya aparatur yang diberi penilaian baik oleh mayoritas responden,” ungkap Yovaldri Riki Putra, Direktur Eksekutif POLSTRA Research & Consulting, melalui keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, Senin (28/2/2022).

Penilaian terhadap kinerja Mahyeldi-Audy tersebut merupakan hasil survei POLSTRA Research & Consulting lewatopini ahli atau public opinion makers pada 15–24 Februari 2022. Metodenya, purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu.

Hasil survei POLSTRA ini, juga menyebutkan dalam aspek regulasi, responden lebih banyak memberikan penilaian tidak baik untuk kinerja Mahyeldi-Audy dalam hal perbaikan ekonomi masa pandemi Covid-19 dan penanganan Covid-19 di Sumatra Barat.

“Temuan ini berkaitan erat dengan temuan pada aspek kepemimpinan, di mana 55,32% responden menilai kemampuan mengelola krisis dan manajemen konflik Mahyeldi-Audy tidak baik. Selain itu kinerja dalam hal ketersediaan lapangan pekerjaan mayoritas responden menilai tidak baik, yaitu 70,2% responden,” jelas Yolvadri.

Lebih jauh ia menjelaskan, survei dilakukan dengan mengambil sampel para tokoh dan ahli yang dinilai memiliki tingkat aksesibilitas pengambilan data dan penilaian, serta kategorisasi lintas bidang keilmuan dan profesi.

Adapun latar belakang responden survei berasal dari kalangan akademisi, pengamat/peneliti, partai politik, ormas/LSM, aktivis mahasiswa,  profesional, budayawan, pengusaha, praktisi pemerintahan hingga wartawan. Data setiap responden diverifikasi dengan ketat melalui platform teknologi baru guna menjaga dan menjamin kualitas dan kredibilitas hasil survei.

Baca juga: Aksi Unjuk Rasa Satu Tahun Kepemimpinan Mahyeldi, Mahasiswa Segel Kantor Gubernur

Maksud dan tujuan survei ini adalah mengukur kinerja 1 tahun Mahyeldi-Audy dalam memimpin Sumatra Barat.Dalam mengukur kinerja Mahyeldi-Audy POLSTRA meminta responden menilai pada 6 aspek kinerja, yaitu aspek infrastruktur, kepemimpinan, regulasi, pelayanan dasar, pengelolaan anggaran, dan sumber daya aparatur. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist