Sungai Tempat Hilangnya Warga Ujung Gading Pasbar Habitat Buaya, Januari-Juni Buaya Cenderung Agresif

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Redaksi

Berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru: Sungai Sikerbau, tempat hilangnya warga Jorong Kampung Joring, Nagari Ujung Gading, Pasbar, merupakan habitat buaya muara

Simpang Empat, Padangkita.com – Sungai Sikerbau, tempat hilangnya warga Jorong Kampung Joring, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), memang merupakan habitat buaya muara.

Menurut Ade Putra dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar), sedikitnya ada tiga ekor buaya muara yang menempati sungai tersebut. Buaya-buaya itu, kata, Ade cenderung lebih agresif.

“Bulan Januari-Juni memang merupakan masa kawin dan bertelurnya buaya, bisa jadi buaya ini sedikit merasa terganggu,” kata Ade saat dikonfirmasi Padangkita.com, Selasa (19/1/2021) siang.

Oleh sebab itu, Ade mengimbau warga agar lebih berhati-hati dan waspada ketika beraktivitas di sungai dan di sekitar sungai tersebut.

“Kami melalui pemerintahan nagari, Bhabinkamtibmas dan pihak perusahaan sudah menyampaikan agar mengimbau kepada warga dan pekerja untuk berhati-hati serta waspada ketika beraktivitas di dalam dan sekitaran pinggir sungai atau anak sungai dan muara,” ujarnya.

Baca juga: Fatarony Gantikan Bayu Agung Kurniawan Jadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat

Dalam waktu dekat, lanjut dia, tim BKSDA juga akan memasang beberapa papan peringatan di beberapa titik lokasi rawan satwa buaya, agar kejadian serupa ini tidak terulang kembali. (pkt)


Baca berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist