Sungai Bunud Kubu Aru Kinali Meluap, Sejumlah Rumah Warga Terendam hingga 70 Centimeter

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Zulfikar

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sebanyak 10 unit rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 70 centimeter.

Simpang Empat, Padangkita.com – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) pada Sabtu (6/3/2021) sore mengakibatkan meluapnya Sungai Bunud Kubu Aru di Jorong VI Koto Selatan, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Pasbar.

Akibatnya, sebanyak 10 unit rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 70 centimeter.

“Ketinggian air kemarin sore sekitar pukul 17.00 WIB setinggi 70 centimeter, namun bersyukur hanya berselang satu jam air sudah surut,” ujar Kepala Kepolisian Sektor Kinali, Iptu Rifki Yudha Ersanda kepada Padangkita.com, Minggu (7/3/2021).

Ia menjelaskan, penyebab utama meluapnya Sungai Bunud Kubu Aru karena tersumbatnya aliran sungai di salah satu saluran air yang melalui badan jalan.

“Banyaknya sampah dan potongan kayu di dalam “polongan” (saluran air) itu menyebabkan air tersumbat dan meluap ke pemukiman warga. Kemudian, untuk menanggulanginya kita kerahkan satu unit alat berat jenis ekskavator,” ungkapnya.

Setelah alat berat dikerahkan untuk membuang sampah yang ada, barulah aliran air sungai kembali normal dan banjir telah surut pada malam harinya.

Akibat dari kejadian ini, kata Rifki, tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil ditaksir mencapai Rp10 juta. Kemudian, juga ada salah satu pondasi penahan tebing ambruk akibat tidak kuat menahan derasnya arus air.

“Kita mengimbau kepada warga yang tinggal di pinggiran sungai untuk selalu waspada saat musim hujan tiba. Diharapkan tidak membuang sampah ke sungai supaya tidak terjadi pencemaran sungai dan banjir,” ucapnya.

Hingga pagi ini, warga telah kembali beraktifitas normal seperti biasa namun tetap diimbau untuk selalu waspada karena cuaca yang masih mendung. [zfk]


Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist