Sumbar Peroleh Tambahan Oksigen dari Riau dan Sumsel, Pengiriman Terkendala Transportasi

Padang, Padangkita.com – Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memperoleh bantuan oksigen medis dari sejumlah provinsi tetangga seperti Riau dan Sumatra Selatan (Sumsel) untuk penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Arry Yuswandi mengatakan Sumbar telah menerima bantuan 30 ton oksigen dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Pemprov Riau berjanji akan memberikan tambahan bantuan oksigen untuk Sumbar jika diperlukan.

“Bantuan dari Riau dapat 30 ton oksigen. Kemarin kita juga komunikasi lagi, kalau ingin nambah, bisa,” ujarnya saat diwawancarai wartawan usai meninjau penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Rasidin, Kota Padang, Selasa (27/7/2021).

Selain dari Riau, Sumbar juga memperoleh bantuan oksigen dari Sumsel. Pemprov Sumsel berjanji akan memberikan bantuan oksigen sesuai dengan jumlah yang diminta oleh Pemprov Sumbar.

“Dengan Sumsel, juga sudah komunikasi melalui Dinkes. Pada prinsipnya, mereka oke, tinggal Sumbar maunya berapa ton,” jelasnya.

Meski demikian, pengiriman bantuan oksigen dari kedua provinsi tersebut ke Sumbar terkendala transportasi karena tidak tersedianya kendaraan pengangkut.

Menyikapi kondisi tersebut, Dinkes Sumbar pun membentuk Satgas Oksigen yang rencananya dipimpin langsung oleh Sekda Sumbar dan diisi oleh pejabat lintas sektor di Sumbar.

Satgas ini akan menyusun upaya pengiriman oksigen dari provinsi tetangga tersebut. Satgas Oksigen akan membantu mencarikan kendaraan pengangkut untuk membawa bantuan oksigen tersebut ke Sumbar.

Baca juga: Kebutuhan Naik, Sumbar Bentuk Satgas Oksigen

Arry menjelaskan Satgas Oksigen ini juga akan memetakan kebutuhan oksigen dalam penanganan Covid-19 di rumah sakit di Sumbar.

“Mudah-mudahan kita carikan solusi lewat Satgas Oksigen. SK-nya sedang disiapkan,” sebutnya. [fru/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist