STP Bandung Lakukan Field Project Study di Nagari Andaleh Tanah Datar

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung di bawah binaan Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melaksanakan Field Project Study (FPS) di Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang telah dijalin sebelumnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) Yessy Akmaliza, FPS itu bakal diikuti 6 mahasiswa dan 3 dosen pembimbing dan dilaksanakan mulai 7 sampai 31 Maret 2022.

“Perjanjian kerjasama telah langsung ditandatangani pak Bupati Eka Putra Januari lalu di Bandung, dan FPS ini merupakan tindaklanjutnya,” kata Yessy, Selasa (8/3/2022).

Ia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar merupakan satu-satunya daerah di Sumatra Barat yang melakukan kerja sama dengan STP Bandung.

“Dukungan STP terhadap pariwisata Tanah Datar sangat baik, dan FPS ini merupakan kegiatan yang kedua, dimana sebelumnya pihak STP melakukan pembekalan ke nagari untuk tindaklanjut program Satu Nagari Satu Event,” ungkap Yessy.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Dinas Parpora Tanah Datar, Efrison mengatakan, Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh dipilih untuk melaksanakan FPS karena dinilai memiliki beberapa kelebihan.

“Nagari Andaleh terkenal sebagai Nagari Bunga, di mana hampir seluruh masyarakat berusaha tanaman hias terkenal memiliki pemandangan indah, dan juga terdapat pohon andalas berusia ratusan tahun dan juga ada bunga Raflesia Arnoldi, bahkan Nagari ini juga sudah punya master plan untuk pengembangan pariwisata nagari,” ungkapnya.

Sementara itu salah seorang dosen pembimbing, Sumaryadi mengatakan, FPS merupakan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa program studi Manajemen Destinasi Pariwisata STP Bandung.

Baca juga: Semua Sekolah di Tanah Datar Dilarang Karya Wisata ke Luar Daerah, Ini Alasannya

“FPS sebagai penerapan konsep materi perkuliahan yang didapat mahasiswa di bangku kuliah dan diterapkan di Nagari Andaleh dengan harapan pariwisata nagari andaleh semakin maju dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sampainya. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist