Stasiun Simpang Haru Padang Punya Peron Baru Layani KA Bandara, Bisa Tampung 500 Penumpang

Padang, Padangkita.com – Stasiun Simpang Haru Padang memiliki gedung peron baru sebagai tempat penumpang menunggu atau turun-naik kereta api (KA) Minangkabau Ekspres.

Penggunaan gedung peron baru itu diresmikan langsung oleh Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo, Sabtu (15/1/2022).

Sebagai informasi, selain memiliki ruang tunggu keberangkatan penumpang, peron baru itu juga memiliki fasilitas lengkap seperti ruang kesehatan, tempat bermain anak, toilet yang bersih.

Gedung peron ini juga mampu menampung sekitar 500 pengunjung.

Dia berharap, dengan peresmian itu, pelayanan penumpang pada KA Minangkabau Ekspres yang melayani rute Padang hingga Bandara Internasional Minangkabau Padang Pariaman bisa meningkat.

“Semoga dengan peresmian peron baru ini konektivitas antar-daerah dan penumpangnya semakin meningkat. Hal ini seiring dengan melandainya kasus Covid-19,” ujarnya.

Dia menuturkan, peron baru itu juga bisa menjadi embrio pengembangan perkeretaapian di Sumbar, yaitu reaktivasi kembali sejumlah jalur-jalur KA di Sumbar.

“Dengan adanya peron baru ini, mudah-mudahan bisa menjadi pemicu peningkatan untuk angkutan transportasi KA yang terhubung dengan bandara. Memang peron ini tidak khusus saja untuk bandara, tetapi melayani stasiun yang terhubung dengan bandara,” jelasnya.

Didiek menambahkan, meski kasus Covid-19 saat ini telah melandai, tetapi masyarakat harus tetap waspada dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, termasuk di manajemen KA.

Baca Juga: Dua Hari di Sumbar, Dirut PT KAI Pastikan Kerja Sama dengan Daerah yang Difasilitasi Andre Rosiade

Diketahui, Didiek melakukan kunjungan ke Sumbar. Hal ini menindaklanjuti permintaan bupati/wali kota di Sumbar berdasarkan pertemuan sebelumnya di Jakarta terkait reaktivasi jalur KA di Sumbar. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist