Soal Usulan Sumatra Barat Diganti Minangkabau, Ini Kata Gubernur Irwan Prayitno

Berita Kota Padang dan Berita Sumbar terbaru: Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyerahkan usulan pergantian nama Provinsi Sumbar diganti Provinsi Minangkabau oleh Fadli Zon kepada masyarakat.

Padang, Padangkita – Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno tak mau berkomentar banyak soal usulan penggantian nama Provinsi Sumbar menjadi Provinsi Minangkabau yang disampaikan anggota DPR RI Fadli Zon. Dia menyerahkan pembahasan usulan tersebut kepada masyarakat.

“Saya sebagai gubernur, apabila itu munculnya dari masyarakat, munculnya dari tokoh masyarakat, silakan itu dibahas,” ujar Irwan kepada wartawan di Padang, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga

Irwan mengaku tak mau berpolemik terkait hal tersebut. Menurutnya, biar masyarakat, tokoh, atau pengamat membahas hal tersebut.

Baca juga: Fadli Zon Usul Nama Sumatra Barat Diganti Jadi Minangkabau

“Yang jelas saya tidak mau ikut polemik. Karena pemerintah ditugaskan untuk kerja, bukan untuk polemik. Tapi untuk pengamat dan segala macamnya, silakan,” terangnya.

Meski begitu, Irwan tetap mengapresiasi usulan itu. “Kalau sepakat, saya dukung. Kalau tidak sepakat, saya dukung juga. Jadi saya tidak dalam kapasitas mengomentari, karena ini pasti berpolemik,” sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, Fadli Zon mengusulkan nama Provinsi Sumbar diganti menjadi Provinsi Minangkabau. Anggota DPR RI sekaligus Ketua Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) ini menyatakan nama Minangkabau lebih tepat digunakan jika ditinjau dari sisi sejarah dan kebudayaan. [fru/pkt]


Baca berita Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler