Soal Pilgub Sumbar 2024, Wako Padang Hendri Sebut Momentum Bagi Andre Rosiade

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Pemilihan gubernur (pilgub) Sumatra Barat (Sumbar) memang sekitar 2 tahun lagi, yakni 2024. Namun, akhir-akhir ini, aspirasi masyarakat sudah mulai muncul tentang siapa yang bakal mereka dukung.

Salah satunya adalah Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade, yang dinilai sebagai calon kuat Pilkada Sumbar.

Saat Andre Rosiade berkunjung ke Pasar Belimbing, Kuranji, Kota Padang bersama Wali Kota Padang Hendri Septa, Minggu (20/2/2022) banyak yang mengelu-elukan Andre Rosiade maju di Pilkada.

Teriakan “Andre Rosiade Gubernur Sumbar” terus terdengar sepanjang dua tokoh muda itu meninjau rencana pembangunan gedung tahap 3 Pasar Belimbing itu.

Bahkan, wartawan yang meliput tergerak untuk mempertanyakan pandangan Wako Padang Hendri Septa terhadap Andre Rosiade sebagai calon Gubernur Sumbar.

“Sedikit Pak Wali, sebagai anggota DPR RI, Andre Rosiade sudah sangat berbuat untuk Sumbar. Kalau Pak Andre jadi Gubernur gimana? Setuju tidak?” tanya wartawan yang ‘mencegat’ Hendri Septa di akhir kunjungan.

Secara santai, Hendri Septa mengaku mendukung generasi muda untuk maju dalam kontestasi politik di Sumbar.

“Kita pokoknya mendorong semua, generasi kita untuk maju. Pak Andre sebagai anggota DPR juga sangat memikirkan kondisi Sumbar. Kenapa tidak, kalau ada peluang menjadi Gubernur. Silakan saja,” kata Hendri Septa yang juga ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Padang.

Hendri Septa mempersempit lagi pernyataannya terhadap Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu.

“Kita mendukung, putra-putra kita. Alhamdulillah, saya mendengar Pak Andre Rosiade sangat diterima dan disenangi warga Sumbar. Kemungkinan juga ini momentum untuk beliau. Kita lihat saja 2024 ke depan,” kata putra anggota DPR RI asal Sumbar Asli Chaidir ini.

Wartawan yang bertanya juga melanjutkan pertanyaan dengan peluang kembali majunya Hendri Septa di Pilwako Padang 2024. Karena, saat ini menjabat usai Wako Padang sebelumnya Mahyeldi dilantik menjadi Gubernur Sumbar Februari 2021.

“Jadi, nanti 2024 Gubernur Sumbar Andre Rosiade, Wali Kota Padang-nya Hendri Septa ya,” kata jurnalis dilanjutkan dengan tertawa lepas Wako dan para wartawan.

Menanggapi namanya ‘dibawa-bawa’, Hendri Septa pun mengaku belum memikirkan soal Pilwako Padang. Dia masih ingin fokus membenahi Kota Padang, seperti meningkatkan pembangunan pasar satelit, sampai Pasar Raya Padang.

“Jangan begitulah,” kata Hendri Septa sambil tertawa dan berlalu.

Andre Rosiade saat ditanyai wartawan juga belum mau menjawab soal Pilkada Sumbar.

“Nantilah kita bahas Pilkada, sekarang kerja nyata saja dulu. Kita dukung Pak Wali Kota Padang Hendri Septa membangun Padang agar lebih baik,” kata Andre yang datang didampingi Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Padang Mastilizal Aye dan anggota fraksi Muzni Zen dan Manufer Putra Firdaus.

Andre Rosiade mengaku belum memikirkan soal Pilkada Sumbar, karena masih fokus menjalankan amanah sebagai Anggota DPR RI asal Sumbar di Komisi VI.

Baca juga: Warga Sumbar Ingin Perubahan, Teriakan “Andre Rosiade Gubernur” Menggema di Pasar Belimbing

“Kami kerja saja dulu, soal Pilkada belum terpikirkan sekarang. ‘Belanda’ masih jauh. Itu urusan 2024. Kini saatnya menuntaskan amanah saya sebagai anggota DPR RI,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist