Soal Peluang Erman Safar di Pilkada Padang 2024, Pengamat: Hendri Septa Bukan Calon Petahana Kuat

Bukittinggi, Padangkita.com – Wali Kota (Wako) Bukittinggi, Erman Safar mengklaim didukung oleh ulama dan rekan separtai untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Padang 2024.

Pengamat politik dari Universitas Andalas, Asrinaldi, mengatakan, Pilkada Padang memang menarik untuk diamati.

Hal tersebut karena Wako Padang saat ini, Hendri Septa jika maju di Pilkada Padang 2024, maka bukan termasuk calon petahana yang kuat.

“Tidak ada calon petahana yang kuat. Apalagi Pak Hendri Septa menerima warisan kekuasaan dari Pak Mahyeldi,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Rabu (5/10/2022).

Oleh karena itu, perlu didorong agar semakin banyak calon wali kota yang maju di Pilkada Padang. Sehingga masyarakat pun bisa memilih siapa yang paling baik untuk memimpin.

“Ketimbang satu atau dua pasang yang maju di Pilkada Padang, bagus itu didorong agar bisa menjadi empat atau lima pasang,” jelasnya.

Apalagi, tutur Asrinaldi, Padang membutuhkan pemimpin yang punya visi terhadap pembangunan.

Menurut Asrinaldi, Kota Padang memiliki daya tarik tersendiri bagi politisi. Hal tersebut karena Padang adalah barometer politik di Sumbar, bahkan indikator politik di Indonesia.

Kompleksitas dan tantangan penyelenggaraan pemerintahan di Padang berbeda dengan daerah lainnya di Sumbar.

“Artinya, ada keinginan (dari calon tersebut) untuk berprestasi menjadi bagian dalan penyelenggaraan pemerintahan itu,” sebutnya.

Lebih lanjut, Asrinaldi menegaskan, setiap calon alternatif yang maju di Pilkada Padang sama-sama punya peluang untuk menang.

Apalagi, kata dia, selama memimpin, Hendri Septa dinilai tidak membawa kemajuan berarti bagi Kota Padang.

“Coba lihat, Kota Padang semakin ambur adul. Aspal yang berlubang saja tidak bisa diurusnya. Sampah yang menghambat selokan, banjir yang jadi masalah klasik. Masyarakat bisa menilai,” ungkapnya.

Baca Juga: Wako Bukittinggi Erman Safar Klaim Didukung Ulama dan Partai untuk Maju di Pilkada Padang 2024

“Saya sebagai warga Kota Padang mendorong ada orang yang bisa menggantikan karena memang (Hendri Septa) tidak bisa diharapkan lagi,” tandasnya. [fru]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist