Soal Isu Muktamar Luar Biasa, DPW PKB Sumbar Tetap Dukung Muhaimin Iskandar

|
Editor: Zulfikar

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: DPW PKB Sumbar menyatakan dukungan untuk Kerua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar.

Padang, Padangkita.com – Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Anggia Ermarini menyatakan bahwa Sumbar solid mendukung Ketua Umum (Ketum) DPP PKB Muhaimin Iskandar. Hal tersebut menanggapi isu yang beredar bahwa kader PKB di daerah ingin menggelar Muktamar Luar Biasa (MLB).

“Kata siapa? Enggak ada itu. Paling yang ngomong satu orang. Biasalah, orang yang kecewa. Tapi nggak ada. Saya Ketua DPW. Saya punya komunitas sama ketua-ketua DPW, solid-solid mendukung Ketum Muhaimin Iskandar,” ujar Anggia saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Kamis (15/4/2021).

Bahkan, Anggia membantah tudingan yang menyebutkan Muhaimin Iskandar telah melanggar anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) partai. Dia menyebutkan, pemilihan ketua DPW beserta kepengurusannya di dalam musyawarah wilayah telah sesuai dengan mekanisme yang berlaku di dalam partai.

“Semuanya sudah melalui proses persis di AD/ART. Sudah melalui penjaringan dan pencalonan. Pertama, kita melakukan self assessment. Itu dilakukan oleh DPW-DPW seluruh Indonesia, itu juga dilakukan oleh teman-teman DPC. Apapun yang mereka ketahui, mereka tuliskan di self assessment di sistem kita,” ungkapnya.

“Kedua, masuk ke DPP, kita melakukan verifikasi faktual untuk melihat apa yang benar yang mereka tulis itu sesuai faktual. Tim dari DPP semua ke DPW-DPW. Jadi, bukan hanya katanya, tapi datang sendiri ke DPW, lalu bertemu dengan setiap DPC. Kalau mau tahu prosesnya, itu sudah ada dokumentasinya,” sambung Anggia.

Anggia juga membantah adanya tudingan yang menyebutkan proses pergantian ketua-ketua DPC PKB se-Indonesia masih diundur-undur karena ditenggarai sedang menunggu oknum yang berani membayar mahal untuk menjadi ketua DPC. Dia mengatakan penunjukan ketua DPC melalui musyawarah cabang.

“Di DPC, prosesnya tetap melalui proses musyawarah dan mufakat,” ucapnya.

Sementara itu, terkait adanya tudingan calon kepala daerah yang diusung PKB pada Pemilihan Kepala Daerah 2020 adalah mereka yang harus membayar ke DPP.

“Enggaklah. Kan tentu ada prosesnya juga. Kalau urusan bayar, dia punya urusan untuk konsolidasi, itu urusan dia. Jadi, nggak itu,” tegas Anggia.

Dia juga menerangkan, sampai saat ini dirinya belum mendapatkan informasi terkait adanya DPC atau kader PKB di Sumbar yang ingin ikut MLB.

Baca juga: Ketua Dewan Syuro DPC PKB Padang Setuju Muktamar Luar Biasa, Muhaimin Dinilai Telah Menginjak Anggaran Dasar Partai

“Saya baru bertemu dengan ketua-ketua DPC di Hotel Pangeran Beach pada Minggu lalu. Semua hadir. DPW juga hadir. Seluruh Sumbar hadir. Kita rapat wilayah PKB se-Sumbar. Tidak ada omongan itu,” katanya. [zfk]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler