Soal Asuransi, Pemahaman Masyarakat Sumbar Dinilai Masih Minim

Penulis: J Sastra
Kepala Cabang Asuransi Astra Padang sedang memberikan materi tentang asuransi kepada peserta lokakarya, Kamis (02/11/2017). (Foto: Yola Sastra)

Padangkita.com – Kesadaran masyarakat Sumatra Barat dalam menggunakan produk asuransi dinilai masih minim, sehingga perlu dilakukan sosialisasi terus menerus.

Kepala Cabang Padang Asuransi Astra Iyus Suryaman menuturkan perlu ditingkatkan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat untuk memahami penggunaan asuransi.

“Oleh sebab itu, Astra Asuransi mengadakan lokakarya agar wartawan bisa memberikan pemahaman mengenai asuransi kepada masyarakat. Dengan demikian, masyarakat tidak bingung lagi tentang asuransi,” ujar Iyus, Kamis (2/10/2017).

Pada kesempatan tersebut, Iyus memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis asuransi, terutama asuransi kendaraan bermotor. Menurutnya, asuransi kendaraan bermotor merupakan kebutuhan saat ini.

Merujuk data BPS, Iyus mengatakan, dalam 2009-2013 angka kecelakaan lalu lintas meningkat dari tahun ke tahun. Kecelakaan lalu lintas juga merupakan penyumbang terbesar angka kematian di Indonesia setelah jantung dan stroke.

Dari jumlah kecelakaan tersebut, 44 persennya adalah kecelakaan mobil. Kemudian, 66 persen dari jumlah kecelakaan disebabkan oleh faktor kelalaian manusia.

Ia menyebutkan resiko tidak bisa dihindari, maka yang perlu dilakukan adalah mengelola resiko. Beberapa cara mengelola resiko menurut Iyus, yaitu meningkatkan kewaspadaan, menghindar dari resiko kecelakaan, dan mengalihkan resiko ke pihak lain.

“Salah satu caranya adalah membeli produk asuransi,” ujarnya.

Selanjutnya Kepala Cabang pun menjelaskan aturan, persyaratan, berbagai layanan, dan keunggulan asuransi Garda Oto yang merupakan salah satu produk Asuransi Astra. Lokakarya diakhiri dengan sesi tanya jawab dan kuis dari panitia kegiatan.

Terpopuler

Add New Playlist