Soal 1.125 Anggota NII di Sumbar, Kesbangpol Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Padang, Padangkita.com – Kepala Badan Kesbangpol Sumatra Barat (Sumbar), Jefrinal Arifin memberikan tanggapan terkait pernyataan Polri bahwa ada 1.125 anggota Negara Islam Indonesia (NII) di Sumbar.

Dia menyatakan, pihaknya akan menggelar rapat dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) dalam pekan ini di Istana Gubernur Sumbar.

Dalam rapat yang dihadiri Gubernur Sumbar itu, akan dibahas salah satunya soal perkembangan paham radikalisme dan terorisme di Sumbar.

“Itu mau kita rapatkan dengan Forkompinda tentang berita itu di Istana Gubernur Sumbar pada minggu ini,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Rabu (13/4/2022).

Dia menuturkan, sampai saat ini, pihaknya belum menerima data resmi dari pihak Polri terkait adanya 1.125 anggota NII di Sumbar. Terkait itu, pihaknya baru menerima informasi dari media massa dan media sosial.

“Kalau dari kelembagaan, secara resmi kita belum. Namun, dari media massa dan media sosial kita sudah dapat informasi ini,” sebutnya.

Pihaknya bakal memproses informasi tersebut. Meski demikian, untuk mencegah perkembangan paham radikalisme dan terorisme di Sumbar, pihaknya akan memperbanyak menggelar bimtek.

Dalam bimtek itu, pihaknya bakal memperkuat kembali wawasan kebangsaan dan ideologi Pancasila di masyarakat.

“Bimtek-bimtek seperti ini akan diperbanyak lagi pada tahun mendatang supaya masyarakat kita paham tentang dasar dan ideologi negara, serta Undang-undang Dasar 1945. Kepada kabupaten/kota, juga sudah kita sampaikan agar itu dilaksanakan,” ungkap Jefrinal.

Lebih lanjut, dia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan radikalisme dan terorisme di Sumbar.

“Tentu masyarakat kita harus menyeleksi dulu kalau ada hal-hal yang mungkin berkaitan dengan berbau radikalisme. Jangan langsung diterima. Pahami dengan baik mana yang cocok dengan ideologi Pancasila. Kewaspadaan dini harus ditanamkan agar pahamnya jangan melenceng,” sampainya.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, ada 1.125 anggota NII di Sumbar.

Baca Juga: Polisi: NII di Sumbar Capai 1.125 Anggota, Tersebar di Dharmasraya dan Tanah Datar

“Dari jumlah total di Sumbar, 883 orang tersebut di Dharmasraya, dan 292 berada di Tanah Datar,” ungkapnya saat konferensi pers seperti dipantau di akun Youtube milik Divisi Humas Mabes Polri, Selasa (12/4/2022). [fru]

Terpopuler

Add New Playlist