Situs PPDB Sumbar Diretas, Tiga Jam Tidak Bisa Diakses

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Fakhruddin Arrazzi

Padang, Padangkita.com – Situs resmi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun ajaran 2021/2022 di Sumatra Barat (Sumbar) diserang hacker, Senin (21/6/2021) siang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumbar, Jasman Rizal mengatakan, akibat serangan itu para calon peserta didik yang mendaftar tidak bisa login atau masuk pada situs PPDB tersebut.

“Tadi diserang sekitar pukul 11.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Tapi pukul 12.00 WIB sempat bisa sebentar, dan langsung enggak bisa lagi,” ujar Jasman saat dihubungi Padangkita.com, Senin (21/6/2021).

Dia menjelaskan hacker tersebut menyerang domain dari situs PPDB SMA dan SMK Sumbar dengan cara mengunci domain tersebut. Akibatnya, calon peserta tidak dapat masuk untuk mendaftar.

“Ini bukan error, tapi domain kita itu dikunci. Kalau error, dia ada masalah dengan sistemnya. Yang ini sistem kita sudah bagus, enggak ada masalah,” terangnya.

Menurut Jasman, mendapati situs tersebut diserang, pihaknya langsung berupaya memperbaikinya. Pihaknya pun juga melacak siapa yang telah melakukan perbuatan tersebut serta juga telah mengetahui orangnya.

“Kami mengimbau, ini kan situs pendidikan, menyangkut hajad orang banyak, masa depan anak-anak kita. Jadi, janganlah tes-tes ilmu di sini, carilah tempat lain,” imbuhnya.

Jasman menegaskan pihaknya akan terus mengawasi situs PPDB ini selama 24 jam hingga masa pendafatran berakhir.

“Kalau diserang lagi tentu kami perbaiki. Tapi sekali lagi kami imbau, janganlah menyerang situs pendidikan. Kasihan kita sama anak-anak kita yang kesulitan mendaftar,” sampainya.

Perlu diketahui, hari ini merupakan hari pertama pelaksanaan PPDB SMA dan SMK Sumbar untuk tahun ajaran 2021/2022. PPDB kali ini dibuka selama enam hari hingga 26 Juni 2021. [mfz/fru]

Terpopuler

Add New Playlist