Silek Art Festival Diadakan di 6 Daerah, Gemala: Pelestarian Budaya dan Silaturahmi

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Sebanyak 25 perguruan silek (silat) tampil dalam Silek Art Festival (SAF) 2021 yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Gemala Ranti menjelaskan, kegiatan ini berlangsung dari tanggal 21-31 Agustus 2021 di enam kabupaten/kota yakni, Kota Padang, Solok, Sijunjung, Agam, Payakumbuh dan Pasaman.

“Untuk di Kota Padang diadakan selama dua hari yakni tanggal 26-27 Agustus, kemudian penutupan akan dilangsungkan di Pasaman,” ujar Gemala di Padang, Jumat (27/8/2021).

Ia menambahkan, sejak tahun 2018 SAF menjadi kegiatan tahunan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Sumbar. Kegiatan ini sempat terhenti pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19.

Menurut Gemala, SAF diadakan sebagai ajang untuk melestarikan warisan budaya Minangkabau, sekaligus untuk mempererat silaturahmi antara perguruan-perguruan silat yang ada di Sumbar.

“Ajang ini bukan kompetisi, tapi sebagai wadah dalam menjaga dan melestarikan seni dan budaya, sekaligus menjalin silaturahmi antar-perguruan silat,” imbuhnya.

Itulah sebabnya, kata Gemala, SAF diadakan di beberapa kabupaten/kota, agar setiap perguruan silat yang mengikuti SAF saling mengunjungi.

Baca juga: Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata, Bupati Eka Minta Nagari Sumpu Tonjolkan Kebudayaan

Melalui SAF Gemala berharap generasi muda dapat mengetahui dan semakin mencintai keindahan dan keanekaragaman budaya yang ada di Sumbar, serta mampu menjaga dan melestarikan warisan tersebut. (*/pkt)

Terpopuler