Sidak Takjil di Pasar Pabukoan Imam Bonjol, Ini Sampel yang Diteliti BBPOM Padang

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Zulfikar

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: BBPOM Padang sidak takjil di Pasar Pabukoan Imam Bonjol Padang dan periksa sejumlah sampel makanan.

Padang, Padangkita.com – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang sidak takjil di Pasar Pabukoan Imam Bjol Padang, Jumat (30/4/2021). Dari sidak itu, sejumlah sampel diperiksa BBPOM Padang.

Data dari BBPOM Padang, sebanyak sembilan sampel diuji di lokasi, di antaranya, kerupuk, gorengan, cendol delima hingga rumput laut.

Ketua Tim Sidak, Zulkifli mengatakan, dari semua sampel yang diperiksa, tidak terdapat makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

“Ada sembilan sampel yang kita tes, semua hasilnya negatif,” ujar Zulkifli, Jumat (30/4/2021).

Menurut Zulkifli, sidak itu dilakukan untuk memastikan takjil yang dijual benar-benar aman dan layak untuk dikonsumsi.

“Kami pastikan tidak ada makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya, terutama Boraks dan Rhodamine B serta pewarna tekstil,” paparnya.

Sebelumnya, jelas Zulkifli, BBPOM Padang menemukan bahan kimia Rhodamine B atau pewarna pakaian pada cendol delima yang dijual di Pasar Bandar Buat saat sidak pada Jumat (23/4/2021).

Atas temuan itu, BBPOM Padang telah mengingatkan para pedagang agar tidak menggunakan bahan kimia berbahaya, terutama sebagai pewarna makanan demi menjaga kesehatan dan kenyamanan masyarakat dalam berbelanja.

Baca juga: Sidak BBPOM dan Disdag Padang, Bahan Pewarna Pakaian Ditemukan dalam Cendol Delima di Pasar Bandar Buat

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang akan membeli takjil berbuka puasa agar lebih selektif dalam memilih makanan untuk berbuka puasa. Belilah makanan yang memiliki warna tidak mencolok,” katanya. [zfk]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler