Sidak ASN, Bupati Solok Selatan: Coba Lindungi yang Tak Disipilin, Sanksi Lebih Berat Menanti

Penulis: Zulfikar Efendi

Padang Aro, Padangkita.com – Bupati Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Khairunnas melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait tidak hadirnya beberapa Apartur Sipil Negara (ASN) di daerah yang dia pimpin.

Bahkan, Khairunnas juga mengecek langsung keberadaan ASN yang tidak masuk kantor itu dengan langsung menelepon kepala Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) atau yang bersangkutan.

Salah satu yang ditelepon Khairunnas yaitu kepala bidang salah satu instansi yang tengah mengikuti pelatihan di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD).

“Ibu sedang di mana? Ikut kegiatan apa? Berapa orang yang ikut?,” ujar Khairunnas saat menelepon dikutip dari rilis Humas Pemkab Solsel, Rabu (13/10/2021).

Bahkan, saat sidak tersebut, Khairunnas juga meminta BKPSDM dan kepala OPD untuk mengabsen para ASN yang tidak hadir, baik karena mengikuti pelatihan, sakit atau cuti, dan langsung melengkapi administrasinya.

Khairunnas menegaskan, berdasarkan berbagai penilaian, saat ini Solok Selatan harus terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Persoalan pelayanan publik, administrasi, dan aspek lainnya, posisi kita, Solok Selatan masih kurang baik dibanding lainnya. Untuk itu, kita minta semua aparatur untuk lebih giat dan lebih ikhlas lagi dalam bekerja,” ungkapnya.

Lalu, terkait disiplin para ASN, Khairunnas meminta agar para aparatur, termasuk para pimpinan di berbagai OPD untuk tidak mencoba-coba melindungi bawahannya yang tidak disiplin.

“Jangan pernah coba-coba ada ASN yang melindungi rekan-rekannya yang tidak disiplin. Jika terbukti, sanksinya akan lebih berat lagi bagi ASN yang melindungi tersebut,” tegasnya.

Selama lima bulan menjabat, Khairunnas menilai bahwa ASN di Solok Selatan pada dasarnya adalah orang yang baik-baik.

Baca juga: Sekda Solok Selatan: Keuangan Daerah Perlu Dikelola dengan Baik dan Bersih

“Tapi, pengawasan perlu ditingkatkan, agar aparatur bertugas sebaik-baiknya,” katanya. [*/zfk]

Terpopuler