Siap Terima Kritikan, Bupati Pesisir Selatan Minta Wartawan Kawal Kinerja OPD

Penulis: Isran Bastian

Painan, Padangkita.com – Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar meminta kepada wartawan berperan aktif dalam mengawal berbagai kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bupati yang berpasangan dengan Wakil Bupati, Rudy Hariansyah ini memiliki teglene RANCAK itu memastikan, pemerintahan mereka siap membuka diri atas berbagai kritikan dan masukan serta solusi dari wartawan, elemen termasuk masyarakat dalam mengawal pembangunan di ‘Negeri Sejuta Pesona’ ini.

Ia berharap adanya peran wartawan dalam mengawal proses pembangunan terutama kinerja OPD di lingkup Pemkab Pessel.

Ia meminta kepada seluruh jajaran OPD agar selalu membuka diri dengan menyampaikan berbagai informasi terkait pelaksanaan program secara transparan agar dapat diketahui oleh publik.

“Kami berdua membuka ruang-seluasnya, khususnya pimpinan OPD, wajib memberikan penjelasan seputar pelaksanaan kegiatan, jangan kemudian menutup diri,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam pembukaan Musrenbang di kantor Perencanaan Penelitian dan Pembangunan (Bapetlitbang), Selasa (15/3/2022).

Artinya tidak ada sekat-sekat antara kinerja wartawan. Untuk itu diminta wartawan bekerja secara profesional sesuai dengan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik dalam menyajikan setiap informasi.

“Jujur kami bangga kepada seluruh wartawan, kalau tidak ada wartawan maka tidak akan tau oleh publik agenda dan kebijakan Pemkab, ujarnya lagi.

Menurut mantan Kepala Dinas Pendidikan itu, wartawan dalam pemerintahan sangat besar, baik dalam mengabarkan agenda Pemkab ataupun memberikan kritik kebijakan pemerintah. Karena itu,

“Saya ucapan terimakasih kepada wartawan di seluruh Pessel dalam mengabarkan kebijakan Pemkab,” tuturnya.

Bupati menjelaskan, di tengah pesatnya zaman dan penyebaran informasi yang tak terbatas, pihaknya sangat membutuhkan kehadiran wartawan dengan perspektif yang jernih dan turut berperan dalam melawan kekacauan informasi, hoax, ujaran kebencian yang mengancam kehidupan demokrasi. Pers juga harus bisa menciptakan masyarakat yang sehat, dalam arti sehat dalam mencerna informasi.

“Oleh sebab itu ekosistem media harus dilindungi dan diproteksi sehingga masyarakat mendapatkan konten berita yang baik,” terangnya.

Baca Juga: Pemkab Pesisir Selatan Butuh Rp16 Miliar untuk Wujudkan Sekolah Gratis 

“Saya berharap mudah-mudahan gagasan wartawan sebagai pilar demokrasi keempat menjadi komitmen kuat para insan pers. Mudah-mudahan itu betul-betul bisa dipertahankan. Perlu juga kontrol yang serius dari wartawan,” tutupnya. [amn/isr]

Terpopuler

Add New Playlist