Setelah Masjid Imam Bonjol, Orang Minang di Malut Punya Pandam Pekuburan Bukit Minang

Penulis: Redaksi

Ternate, Padangkita.com – Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Audy Joinaldy meresmikan pandam pekuburan warga Maluku Utara (Malut) keturunan Minang yang diberi nama “Bukit Minang”, di Ternate, Sabtu (16/10/2021).

Agenda utama Audy sendiri di Malut mengikuti pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional XXVI. Mewakili Pemerintah Provinsi Sumbar, Audy merasa bangga pada warga Minang di Maluku Utara sekaligus menyampaikan ungkapan apresiasi yang tinggi kepada Wali Kota Ternate yang sudah mendukung keberadaan orang Minang di Ternate selama ini.

“Saya mewakili Pemerintah Provinsi Sumbar berterima kasih pada Bapak Wali Kota yang sudah mengeluarkan izin sehingga Bukit Minang bisa dijadikan tempat perkuburan masyarakat Minang. Ini juga wujud persatuan yang ditunjukkan oleh Ikatan Keluarga Minang Maluku, kami merasa bangga sekali,” ujar Audy.

Wali Kota Ternate Tauhid Soleman menyambut baik kehadiran Wagub Audy. Terkait keberadaan IKM Maluku selama ini, menurut Tauhid, selalu mendukung program Pemerintah Kota Ternate. Bahkan dari sisi ekonomi, keberadaan orang Minang sangat membantu.

“Saya dengan orang Minang, bukan menjadi sesuatu yang asing. Dari kecil sudah terbiasa berbaur dengan orang Minang. Orang Minang sudah membuat pekuburan maka sudah melekat dan sudah diakui sebagai orang Ternate keturunan Minang,” ungkap Tauhid.

Ketua DPW IKM Provinsi Maluku Utara, Ismi Anas, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wagub Audy di Ternate dan menghadiri acara peresmian Bukit Minang.

Keberadaan “Bukit Minang”, kata Ismi, tidak terlepas dari dukungan pemerintah serta sumbangsih dari para anggota IKM Provinsi Maluku Utara yang rata-rata berprofesi sebagai pedagang.

“Para pendahulu IKM sudah membina dan saling bahu membahu. Dimulai dalam pembuatan musala, lalu dibuat masjid yang diberi nama Masjid Imam Bonjol dan sekarang sudah terwujud pandam pekuburan urang Minang yang ada di kompleks Bukit Minang, Kota Ternate dengan luas 1 hektare,” kata Ismi.

Baca juga: 10.000 Orang Minang Tinggal di Papua, Ada yang ASN Ingin Pulang Kampung

Turut Hadir mendampingi Wagub Audy, Kepala Biro Kesra Setdaprov Sumbar Syaifullah Salim dan Sekretaris LPTQ Sumbar Mulyadi Muslim. (*/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist