Sesi Kedua Ngabuburit Jurnalistik AJI Padang Bahas Beasiswa Luar Negeri untuk Jurnalis

Penulis: Sonia
|
Editor: Zulfikar

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: AJI Kota Padang kembali menggelar diskusi yang merupakan seri diskusi Ngabuburit Jurnalistik.

Padang, Padangkita.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Padang kembali menggelar diskusi yang merupakan seri diskusi Ngabuburit Jurnalistik. Kali ini, diskusi tersebut membahas beasiswa untuk jurnalis dan peluang kuliah di luar negeri.

Sesi kedua Ngabuburit Jurnalistik yang digelar via Zoom Meeting itu menghadirkan mahasiswa master Lee Kuan Yew School of Public Policy, Arfi Bambani dan mahasiswa program Doktor di EW Scripps School of Journalism yang merupakan peraih beasiswa Dikti dan beasiswa Fulbright, Ratna Ariyanti. Keduanya juga merupakan anggota AJI.

Menurut Arfi, beasiswa di luar negeri yang ia raih secara tidak langsung karena keanggotaannya di AJI. Selain itu, juga dibarengi dengan kemampuan bahasa inggris serta rencana studi yang jelas.

“Beasiswa ini secara langsung dan tidak langsung saya dapatkan dari AJI, misalnya melalui pengutusan keanggotaan untuk melanjutkan pendidikan atau informasinya didapatkan dari AJI,” ujar Arfi dalam diskusi yang digelar pada Jumat (23/04/21).

Lalu, Arfi juga membeberkan kiat-kiat jika ingin mendapatkan beasiswa dari luar negeri sebagaimana yang ia jalani saat di ini di salah satu kampus di Singapura.

Selain dari AJI, kata Arfi, bisa mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Singapura itu adalah pengalaman di bidang volunteering atau kerelawanan.

“Dalam mengajukan beasiswa, kemampuan bahasa inggris itu fundamental, lalu rencana studi. Di Singapura pengalaman dalam aktivitas kerelawanan juga menjadi salah satu nilai seleksi, sekalipun itu hanya kegiatan bersih-bersih pantai,” ungkap Arfi yang juga merupakan jurnalis Internews itu.

Sementara itu, Ratna Ariyanti bisa mendapatkan beasiswa di luar negeri, salah satunya karena ketertarikan dan konsistensi pada isu kebebasan pers dan kolaborasi jurnalis.

“Salah satu kiatnya, yaitu memperkuat portofolio, sangat bermanfaat untuk mendaftar beasiswa, jika memiliki ketertarikan tentang penulisan topik tertentu. Tekuni terus, ini sangat membantu dalam seleksi,” ujar Ratna.

Baca juga: Sorot Kasus Kekerasan Terhadap Jurnalis, AJI Padang Gelar Ngabuburit Jurnalistik

Diketahui, Ngabuburit Jurnalistik AJI Padang akan digelar dalam lima seri atau sesi diskusi, yang akan menghadirkan para jurnalis kawakan, seperti Dandhy Dwi Laksono dari WatchDoc, Arfi Bambani dari Internews, Dandi Koswara yang merupakan Kepala Biro Anadolu Agency Indonesia, Ingki Rinaldi, CEO Kudu Digital, Ratna Arianty dan para jurnalis senior lainnya. [zfk]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler