Sering Terdampak Banjir, Saluran Drainase di Puncak Bukit Pulai dan Teluk Betung Mulai Dibangun

Penulis: Redaksi

Berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini: Sering terdampak banjir dan mengganggu kelancaran pengguna jalan, drainase di Puncak Bukit Pulai dan Teluk Betung diperbaiki

Painan, Padangkita.com– Saluran drainase di Puncak Bukit Pulai dan Teluk Betung mulai dibangun. Akibat belum baiknya saluran, selama ini di kawasan itu sering terdampak banjir dan mengganggu kelancaran pengguna jalan.

Wali Nagari IV Koto Hilia, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Satria Darma Putra menjelaskan, panjang saluran drainase yang dibangun sekitar 100 meter dengan pelaksanaan secara padat karya tunai.

“Kami bersyukur. Saluran drainase ini bisa dibangun. Ke depan kita berharap, jika hujan lebat, air tidak bakal menggenangi badan jalan, pe mukiman warga serta satu musala di sini,” jelas Satria kepada Padangkita.com, Senin (1/3/2021).

Ia menyampaikan, sebelumnya lokasi tersebut sering dilanda banjir. Jika intensitas hujan agak tinggi, maka air akan cepat menggenangi badan jalan dan permukiman warga setempat.

Tak hanya itu, satu unit musala juga akan berlumpur bercampur air, sebab lokasinya yang dekat dengan perbukitan.

Saat banjir, bahkan masyarakat setempat dan pelintas jalan sering membuat lokasi itu menjadi viral di media sosial. Mereka mengambil foto dan video ataupun melakukan streaming di Facebook agar solusi atas banjir di lokasi jalan lintas Painan-Bengkulu tersebut dapat dicarikan solusinya.

“Dan atas hal itu, kami dari Pemerintah Nagari IV Koto Hilia berupaya untuk mencarikan solusi,” terangnya.

Satria menjelaskan, pemerintah nagari mulai membuat usulan dan permohonan bantuan melalui proposal yang diajukan ke Balai Wilayah Sungai Sumatra V, dan tahun ini permohonan itu dikabulkan dan direalisasikan dengan pembuatan saluran drainase sepanjang 100 meter yang terdapat di dua titik. Yaitu, di dekat Puncak Bukit Pulai dan Teluk Betung.

Baca juga: Rusma Yul Anwar dan Rudi Hariyansyah Resmi Menjabat Bupati dan Wakil Bupati Pesisir 

“Alhamdullilah, semoga pekerjaan pembangunan saluran drainase ini cepat selesai, dan terima kasih kami ucapkan kepada Balai Wilayah Sungai Sumatra V,” tuturnya. (nik/pkt)


Baca berita Pesisir Selatan hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

 

Terpopuler

Add New Playlist