Sepekan Jelang Ramadan Harga Sembako di Padang Turun, Ternyata Ulah Minyak Goreng? 

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – Sepekan jelang bulan suci Ramadan, sejumlah kebutuhan pokok seperti cabe, bawang merah dan tomat di pasar tradisional di Kota Padang mengalami penurunan.

Pantauan Padangkita.com di Pasar Nanggalo, penurunan harga tiga bahan dapur tersebut tidak berdampak signifikan terhadap daya beli masyarakat.

Arman, salah seorang pedagang cabai di Pasar Nanggalo mengatakan, penurunan harga kebutuhan pokok terjadi sejak beberapa hari lalu. Dia menilai, penurunan harga kebutuhan pokok tersebut terjadi akibat dampak naiknya harga minyak goreng, dan melimpahnya stok bahan pokok di pasaran.

Saat ini harga  cabai berkisar di harga Rp38 ribu hingga Rpp40 ribu per Kg. Sebelumnya harga cabai di kisaran  harga Rp52 ribu rupiah per Kg. Sementara bawang merah juga mengalami penurunan harga, dari harga Rp34 per Kg, saat ini di harga Rp28 ribu rupiah per Kg.

Penurunan juga terjadi pada harga tomat, yang sebelumnya Rp10 ribu rupiah per Kg, saat ini dijual dengan harga Rp7 ribu rupiah per Kg.

“Meksi harga sejumlah kebutuhan pokok di pasaran kategori murah, namun belum terlalu berdampak terhadap meningkatnya daya beli masyarakat,” beber Arman.

Baca Juga: Sejak Minyak Goreng Mahal Omzet Pedagang Santan Kelapa di Kota Padang Meningkat

Para pedagang berharap agar harga minyak goreng dapat turun, sehingga daya beli masyarakat meningkat kembali. Saat ini kondisinya, karena sulitnya masyarakat membeli minyak goreng berdampak terhadap jumlah kebutuhan pokok masyarakat. [isr]

Terpopuler

Add New Playlist