Semua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasbar Mendaftar ke KPU Siang Ini

Penulis: Ahmad Romi

Berita Pilkada Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru: Semua pasangan calon bupati dan wakil bupati Pasbar mendaftar ke KPU setempat siang ini

Simpang Empat, Padangkita.com – Semua pasangan calon atau paslon Bupati dan Wakil Bupat Pasaman Barat (Pasbar) telah mengonfirmasi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasbar Jumat (4/9/2020) siang ini. Hanya, sejauh ini ada kendala soal surat keterangan bebas Covid-19 dari laboratorum.

“Nanti setelah selesai salat Jumat kita akan mendaftarkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Hamsuardi-Risnawanto ke KPU Pasbar,” kata Kiki, tim pemenangan dari pasangan “Ham-Ris” di Simpang Empat.

Sementara itu, Sifrowati, istri Calon Bupati Yulianto, juga mengatakan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Yulianto-Syafrial juga akan melakukan pendaftaran hari ini.

“Kita hari ini berkumpul di kediaman pribadi kami di Bandarejo dan nanti siang selesai salat Jumat akan menuju KPU untuk mendaftar,” ujar Sifrowati melalui pesan WhatsApp kepada Padangkita.com.

Tak ketinggalan, paslon dari Partai Gerindra, Maryanto juga menyatakan dirinya bersama Calon Wakil Bupati Yulisman mendaftar ke KPU Pasbar siang ini usai salat Jumat.

Rencana itu disampaikannya kepada Padangkita.com ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kamis (3/9/2020) malam kemarin.

“Kita akan mendaftar besok setelah selesai salat Jumat,” ucapnya.

Rombongan paslon ini akan diantarkan keluarga dan ketua partai pengusung, serta kader dan simpatisan masing-masing.

Terkendala Surat Bebas Covid-19

Di tempat terpisah, Ketua KPU Pasbar Alharis mengatakan telah menerima konfirmasi, lima paslon nanti siang akan mendaftar. Namun sejauh ini masih terkendala surat keterangan bebas Covid-19.

“Berdasarkan PKPU Nomor 10 tahun 2020, Bapaslon membawa surat hasil swab saat pendaftaran dilakukan. Kita sifatnya menunggu saja, karena yang mengeluarkan adalah Laboratorim Unand,” ungkapnya.

Saat ini, KPU masih berkomunikasi dengan para bapaslon soal itu.
KPU juga mengingatkan kepada paslon serta para pendukung agar saat pendaftaran nanti mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Kita imbau agar memakai masker, tetap jaga jarak dan mencuci tangan. Mari kita patuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Untuk KPU sendiri kata Alharis, seluruh sarana dan prasarana pendukung berjalannya proses pendaftaran ini telah disiapkan. Begitu juga soal pengamanan oleh TNI dan Polri.

“Mudah-mudahan nanti semuanya berjalan lancar, aman dan sesuai rencana. Mari kita wujudkan Pilkada yang kondusif dan nyaman di tengah pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya singkat. (rom/pkt)


Baca berita Pilkada Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com