Semua Kantor OPD Pemko Padang Dilengkapi Jaringan Nirkabel Berkecepatan 10-40 Mbps, Ini Pembagiannya

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Kadis Kominfo Padang menyebutkan bahwa seluruh OPD sudah dilengkapi jaringan wifi.

Padang, Padangkita.com – Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang Rudy Rinaldy mengatakan, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga pelayanan publik di bawah naungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang telah dilengkapi dengan jaringan nirkabel (Wifi).

Rudy mengatakan, masing-masing kecepatan dari jaringan nirkabel di masing-masing instansi tersebut berada di angka 10 – 40 Megabit per Second (Mbps).

“Pembagiannya tergantung dari kebutuhan masing-masing, seperti Inspektorat lain, Camat lain pula kecepatannya, tapi rata-rata kecepatannya segitu. Untuk kantor Balai Kota Padang, masing-masing ruangan dan kantor beda-beda, karena banyak,” katanya saat dihubungi Padangkita.com via telepon, Kamis (29/4/2021).

Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Padang tersebut mengatakan, pihaknya juga melengkapi jaringan nirkabel yang dipersiapkan dari jalur penerima langsung ke dalam.

“Itu memang bisa diakses sepanjang untuk kerja, bukan untuk lain-lain, seperti penggunaan e-mail, integrasi data, untuk kebutuhan kerja cukup dan maksimal rasanya,” kata Rudy.

Dia menuturkan, Router yang digunakan untuk menampung jaringan. “Ketika memang OPD itu membutuhkan tambahan router tidak apa-apa,” ucapnya.

Namun, dampak dari penggunaan jaringan nirkabel tersebut, kata Rudy, terkait permasalahan listrik padam yang membuat aktivitas yang mengandalkan internet akan berhenti sementara waktu.

“Kami anjurkan semua OPD pakai genset, termasuk server di Balai Kota Padang, jadi ketika listrik mati sudah ada genset bisa menahan dari dua hingga tiga jam, sehingga masih tidak terlalu berdampak, seperti penyimpanan (saving), kendala lain tidak ada,” ujarnya.

Sementara itu, Rudy mengeklaim Diskominfo Padang sendiri menggunakan kecepatan dari 10-20 MBPS, karena pihaknya harus menggunakan prinsip kesetaraan itu, tidak ada yang dilebihkan atau diistimewakan.

Baca juga: Ada Internet Gratis di Semua Kantor Camat dan Lurah di Kota Padang, Warga Bebas Mengakses

“Kecuali jika ada dilaksanakan Webinar, baru (kecepatan) ditingkatkan, itu kan kasuistik. Selain itu, untuk menopang penyimpanan, server kami berada tersendiri di Kantor Balai Kota Padang, namun jika ada permasalahan, kita masih bisa backup data dari server di Batam dan Jakarta,” imbuhnya. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler