Semua Calon Independen pada Pilkada Sumbar Keok

Padang, Padangkita.com – Semua pasangan calon independen atau perseorangan yang maju pada Pilkada Sumbar, keok. Mereka adalah pasangan Ramlan Nurmatias-Syahrizal di Pilkada Bukittinggi, Endre Saifoel-Nasrul M yang majudi pada Pilkada Sijunjung, Ferizal Ridwan-Nurkhalis di Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota dan Agus Susanto-Rommy Candra di Pilkada Pasaman Barat.

Berdasarkan data real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar, Kamis (10/12/2020), pukul 10.47 WIB, pasangan calon Ferizal Ridwan-Nurkhalis di Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota hanya memperoleh 15% suara, terendah dibandingkan tiga pasangan calon lainnya. Sementara, data yang masuk sudah 146 dari 749 TPS atau 18,32 persen.

Pada Pilkada Bukittinggi Ramlan Nurmatias-Syahrizal memperoleh 40,3% atau 11.129 suara. Suara yang masuk 117 TPS atau 50,21% dari 233 TPS. Di Pilkada ini yang unggul Erman Safar-Marfendi dengan perolehan suara 45,6% atau 12.578 suara.

Di Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota, suara terbanyak diperoleh pasangan Safaruddin Dt Bandaro Basa-Rizki Kurniawan dengan 31,8 persen suara. Kemudian, suara kedua terbanyak oleh pasangan Darman Sahladi-Maskar dengan 30 persen suara. Selanjutnya, suara ketiga terbanyak oleh Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus dengan 23,2 persen. Sementara pasangan Ferizal Ridwan-Nurkhalis berada di posisi buncit.

Selain itu, pasangan independen di Pilkada Pasaman Barat, Agus Susanto-Rommy Candra di Pilkada Pasaman Barat juga kalah. Berdasarkan data real count KPU hari ini pukul 10.46, dari 230 TPS atau 22,24 persen suara yang masuk, pasangan itu hanya memperoleh suara 12,4 persen.

Suara terbanyak di Pilkada Pasaman Barat tersebut diperoleh Yulianto-Syafrial dengan 30,8 persen suara. Kemudian suara kedua terbanyak oleh Hamsuardi-Risnawanto dengan 30,2 persen suara. Selanjutnya, suara terbanyak ketiga oleh Erick Hariyona-Syawal dengan 14,3 persen suara. Sedangkan pasangan Agus Susanto-Rommy Candra berada di peringkat keempat, diikuti pasangan Maryanto-Yulisman di peringkat kelima dengan 12,3 persen suara.

Di Pilkada Pasaman Barat sendiri, pasangan Hamsuardi-Risnawanto atau Ham-Ris telah mengeklaim unggul berdasarkan penghitungan cepat yang dilakukan tim internal “Ham-Ris”.

Sementara itu pasangan Endre Saifoel-Nasrul M di Pilkada Sijunjung memperoleh 14,6% atau 1.674 suara, urutan terakhir dari lima calon. Di Pilkada ini unggul Benny Dwifa Yuswir-Iraddatillah dengan perolehan suara 25,8% atau 2.954 suara. Suara masuk 54 TPS atau 10,31% dari 524 TPS.

Sementara itu, di Pemilihan Gubernur Sumbar, ada juga pasangan calon yang pada awalnya ingin maju lewat jalur independen meski pada akhirnya mereka diusung oleh koalisi tiga partai. Pasangan calon ini yaitu, Fakhrizal-Genius Umar.

Baca juga: Update Realtime Perolehan Suara Pilgub Sumbar

Namun mereka juga kalah di Pilgub Sumbar. Berdasarkan data real count KPU Sumbar, pasangan ini berada di peringkat paling akhir dibandingkan pasangan calon lainnya, yakni sebesar 9,8 persen. Data yang masuk sudah 4.118 TPS. [pkt]


Baca berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist