Sempat Mengungsi, Ratusan Warga Terdampak Banjir di Sangir Solok Selatan Kembali ke Rumah Masing-masing

Penulis: Fuadi Zikri
|
Editor: Zulfikar

Padang Aro, Padangkita.com – Meluapnya Batang Pangian dan Garinggiang di Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan menyebabkan ratusan rumah warga di daerah itu direndam banjir.

Banjir itu terjadi pada Senin (9/11/2020) dini hari, sekitar pukul 01.30 WIB dan sebanyak 850 jiwa yang terdiri dari 136 Kepala Keluarga (KK) ikut terdampak, sebagian di antara mereka juga sempat mengungsi.

Baca Juga

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa) BPBD Solok Selatan, Richi Amran mengatakan, setelah mendapatkan informasi itu, pihaknya langsung menerjunkan personel ke lokasi.

“Malam itu juga tim TRC BPBD Solok Selatan diturunkan ke lapangan untuk membantu warga,” ujarnya, Senin (9/11/2020).

Namun, jelas Richi, siang ini banjir sudah mulai surut. “Hingga siang ini banjir sudah mulai surut, sejumlah warga yang sempat mengungsi tadi malam juga sudah mulai kembali ke rumah masing-masing,” ungkapnya.

Menurut Richi, genangan air yang merendam ratusan rumah warga akibat banjir itu ketinggiannya bervariasi, mulai 30 sentimeter hingga 1 meter 70 sentimeter atau setinggi orang dewasa.

Baca juga: Ratusan Rumah Warga di Sangir Solok Selatan Direndam Banjir

“Rumah yang terdampak itu sebanyak 114 unit, 34 unit di Jorong Pasa dan 80 rumah di Jorong Taratak,” jelasnya.

Selaian rumah, banjir juga merendam satu pasar di daerah tersebut. Lalu, juga merendam jalan, perkebunan dan peternakan milik warga setempat. [zfk]


Baca berita Solok Selatan terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler