Sempat Dikabarkan Meninggal, Kim Jong Un Kembali Muncul ke Publik

Penulis: Mentari Tryana

Pyongyang, Padangkita.com – Pemimpin tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea atau Korea Utara Kim Jong Un kembali muncul ke hadapan publik setelah desas-desus kematiannya marak di kancah Internasional.

Kemunculan Kim Jong Un untuk pertama kali setelah beberapa minggu tanpa kabar tersebut terlihat dari foto-foto dirinya yang ditayangkan media pemerintahan setempat Korean Central News Agency (KCNA).

Foto-foto tersebut memperlihatkan Kim Jong Un tengah menghadiri acara pembukaan pabrik pupuk di Sunchon, bagian utara ibukota Pyongyang.

Diberitakan KCNA, Kim Jong Un dalam acara tersebut didampingi oleh adik perempuannya Kim Jong Yong dan beberapa pejabat senior lainnya.

Dilansir dari Theguardian, acara tersebut dihadiri oleh ribuan orang yang sebagian besar mengenakan masker.

Setelah Kim dan jajarannya memotong pita peresmian, ribuan orang tersebut melepas balon dan bersorak “Hore, untuk pimpinan tertinggi (Kim Jong Un)”.

Tanggapan Donald Trump

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut dirinya menolak untuk mengomentari kabar kemunculan Kim Jong Un tersebut.

Hal itu ia sampaikan kepada wartawan di Gedung Putih hari ini Sabtu (2/5/2020). Ia menyebut, ia akan menyampaikan tanggapannya pada saat yang tepat nanti.

“Saya sebaiknya tidak mengomentari ini dulu,” ujar Trump, dilansir dari Reuters, Sabtu (2/5/2020).

“Kami akan mengatakan sesuatu tentang itu pada waktu yang tepat,” tambahnya.

Sebelumnya, saat spekulasi mengenai kabar Kim meninggal ramai diberitakan, Trump sempat mengatakan dirinya yakin Kim Jong Un masih hidup dan dalam keadaan baik-baik saja.

Ia mengklaim dirinya mengetahui semua tentang pemimpin negara republik demokratik itu.

Spekulasi mengenai kondisi kesehatan Kim Jong Un yang memburuk bermula saat Kim tidak menghadiri perayaan ulang tahun kelahiran pendiri Korea Utara, Kim Il Sung pada 15 April lalu.

Disebutkan, Kim terakhir kali muncul ke publik saat memimpin rapat politbiro Partai Pekerja pada 11 April.

Setelah itu, sejumlah media pun melaporkan Kim dalam kondisi kesehatan yang buruk setelah gagal menjalani operasi jantung. Tak sedikit juga yang percaya bahwa Kim telah meninggal dunia. {*/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist